Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bantu Produksi Kopi Si Karta Deli Serdang

Kompas.com - 17/01/2023, 19:00 WIB

DELI SERDANG, KOMPAS.com - PT PLN Unit Induk Daerah (UID) Sumatera Utara membantu produksi dan pemasaran kopi dataran tinggi Gunung Meriah "Kopi Si Karta" yang mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang.

Kopi Si Karta pertama kali diperkenalkan oleh Karang Taruna Garuda. Organisasi remaja ini coba berinovasi untuk mengolah kopi yang dihasilkan oleh petani kopi dari Gunung Meriah sampai bisa dikonsumsi dan dipasarkan ke masyarakat untuk meningkatkan penghasilan para petani kopi.

General Manajer PLN UID Sumatera Utara, Tonny Bellamy, Selasa, mengatakan PLN mendukung dan membantu para pelaku (Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan produksi.

Tidak hanya itu, PLN juga akan membantu para UMKM dalam memasarkan produk hingga pendapatan UMKM meningkat ke depannya.

"PLN memiliki kewajiban untuk membantu para pelaku UMKM.Melalui rumah BUMN Sibolga pelaku UMKM juga bisa mendapatkan pelatihan, mendesain packaging, pemasaran secara modern hingga sertifikasi halal," kata Tonny seperti dikutip dari Antara.

Tonny berharap dengan bantuan ini, Kopi Si Karta bisa terus meningkatkan produksi dan dapat memperluas pemasaran kopi tidak hanya dalam negeri, melainkan hingga pasar internasional.

"Usaha ini dapat membuka lapangan kerja baru dan dapat memberikan berkah bagi warga sekitar," kata Tonny.

Founder Kopi Si Karta, Agung Sasmita menyebutkan, Kabupaten Deli Serdang juga memiliki kebun kopi dengan kualitas tidak kalah dengan kopi-kopi yang lainnya.

Ia berharap agar seluruh masyarakat di Kabupaten Deli Serdang dapat menikmati kopi Si Karta yang asli dari daerah sendiri.

Sekarang Karang Taruna Garuda mampu melakukan proses roasting kopi mencapai tiga ton selama setahun, 1.000 kali lipat dari sebelumnya yang hanya mencapai 30 kilogram per bulannya.

"Peningkatan produksi kopi Si Karta berbanding lurus dengan meningkatnya pendapatan. Yaitu meningkat hingga 2 kali lipat, dari sebelumnya Rp72 juta menjadi Rp144 juta dalam setahun," tambah Agung.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.