Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Sukses Merintis Usaha Rice Bowl Rumahan

Kompas.com - 18/01/2023, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu usaha kuliner yang sedang tren dan menjanjikan saat ini adalah rice bowl.

Didefinisikan seperti namanya dalam bahasa Inggris, rice bowl merupakan hidangan nasi dalam mangkuk yang kemudian mengalami perkembangan inovasinya sendiri.

Rice bowl sendiri diadaptasi dari hidangan asal Jepang, yaitu donburi. Sekarang hidangan rice bowl menjadi salah satu makanan siap saji yang kerap dicari dan dikonsumsi banyak orang, utamanya yang membutuhkan santapan cepat seperti para mahasiswa dan pekerja.

Kemasan rice bowl yang diadaptasi dari donburi ini jugalah yang membuat hidangan ini terlihat menarik dan praktis. Model atau isinya pun bisa dimodifikasi sesuai lidah dan selera lokal Indonesia.

Bagaimana cara untuk mulai merintis bisnis rice bowl? Berikut beberapa tipsnya yang sudah dilansir dari beberapa sumber.

1. Tentukan Varian Menu

Menu rice bowl seperti apa yang ingin Kamu jual? Hal tersebut tentu penting untuk ditentukan sejak awal. Apa saja lauk yang disediakan dan bagaimana perpaduannya di dalam satu mangkok (cup) yang akan dijual.

Lakukan inovasi menu di luar varian rice bowl uang memang biasa digemari target pasar. Jangan lupa juga untuk menentukan fokus konsep makanan yang disajikan.

Apakah ingin menyajikan menu ala lokal, western, atau Asia lainnya. Hal itu juga sekaligus untuk membangun brand Kamu ke depannya.

2. Terapkan Sistem Pre-Order untuk Pemula

Mungkin bagi mereka yang dinaungi perusahaan atau sudah memiliki brand besar, sistem ini tidak perlu diterapkan lagi. Namun, bagi yang masih memulai bisnis rumahan dan hanya berbasiskan pesanan online, sistem pre-order bisa jadi tips yang membantu.

Sistem pre-order dapat membuat operasional produksi lebih tertata karena akan menentukan kuota rice bowl yang harus dibuat buat setiap harinya. Dengan pembayaran di muka pun, Kamu dapat menggunakan uang penjualan sebagai modal membeli bahan untuk produksi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.