Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Durian Prumben Hadirkan Produk Durian Lokal Terbaik Purworejo

Kompas.com - 19/01/2023, 09:29 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com - Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah merupakan salah satu penghasil durian lokal dengan kualitas super. Salah satu desa yang menghasilkan durian lokal super berada di Desa Prumben, Kecamatan Gebang.

Untuk lebih memperkenalkan durian dari wilayah tersebut, pemerintah desa mengadakan festival durian. Festival yang bertajuk Prumben Mbelah Duren itu digelar di balai desa setempat dan dihadiri ribuan orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Purworejo.

Dalam festival ini disajikan tumpeng durian setinggi 1,5 meter dan lomba makan durian lokal Desa Prumben. Warga yang datang pun disuguhi camilan durian hasil dari pertanian warga setempat.

Kepala Desa Prumben, Sumrodin menjelaskan, dalam festival ditampilkan sejumlah durian lokal seperti jenis Petruk, Kunir, Kroto dan Bagong. Semua jenis durian ini mempunyai keunggulan masing-masing.

"Ini pertama kali kita laksanakan, kita ingin mengangkat durian lokal Desa kita dengan festival durian dan lomba makan durian," kata Sumrodin saat ditemui dilokasi festival pada Rabu (18/1/2023).

Sumrodin menyebut, dengan antusias masyarakat yang tinggi pada lomba makan durian ini peserta membludak tetapi panitia membatasi jumlahnya hanya 50 peserta. Para peserta diberi waktu dua menit untuk menghabiskan durian yang disediakan panitia.

"Lomba makan durian untuk masyarakat umum dan semua kalangan," kata Sumrodin.

Sumrodin menambahkan, potensi durian di Desa Prumben cukup besar. Bahkan produk durian lokal asal Desa Prumben sudah dibeli oleh sejumlah pengepul dari luar kota diantaranya Kebumen, Magelang dan Yogyakarta.

"Kalau musim durian seperti saat ini bisa 3000-4000 butir setiap harinya," lanjut Sumrodin.

Untuk harga, kata Sumrodin, buah durian desa Prumben sangat terjangkau, mulai dari Rp20.000 hingga Rp60.000 per buah untuk kualitas super. Dengan digelarnya festival ini sumrodin berharap untuk panen tahun depan semakin meningkat.

"Festival juga sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang diberikan. Harapannya musim depan ketika ada panen raya kita akan meningkat semoga panen lebih banyak," tambah Sumrodin.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.