Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengurai Tantangan Memasarkan Produk Tenun Lokal

Kompas.com - 20/01/2023, 15:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan social enteprise yang fokus di bidang seni budaya, Torajamelo mengakui banyaknya tantangan dalam memasarkan produk tenun lokal, terutama dalam sistem produksinya.

Chief Executive Officer Torajamelo, Aparna menyampaikan beberapa tantangan dasar dari memasarkan produk tenun tersebut bahkan termasuk dari proses penyiapan produksinya.

"Sebenarnya secara proses sangat sulit karena kelompok tenunnya berada di berbagai daerah dan mengingat proses menyiapkannya dan memastikan pewarnaannya natural, serta agar tidak terjadi eksploitasi juga di tengah komunitasnya, itu memang sulit," tutur Aparna saat media gathering Sarinah Duty Free Brand Activation bersama Torajamelo di Sarinah, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Kesulitan produksi itu secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap pemenuhan permintaan produk tenun.

Namun, Torajamelo terus mencari komunitas tenun di daerah yang dapat diajak bekerja sama. Salah satunya dengan menggandeng komunitas dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang baru bergabung.

Ketua Komunitas Tenun Manggarai, Ester Dagomez menyampaikan, ajakan kerja sama dengan Torajamelo ini sangat membantu mereka.

"Apa yang dilakukan ini sangat membantu, karena tadinya kami tidak dikenal. Banyak yang akan kami lakukan dari bawah, mulai dari penenunnya sampai ke tingkat pemasarannya," jelas Ester.

Bagi Ester, hal tersebut sangat penting bagi komunitas tenun dari timur Indonesia. Ia menjelaskan, kesulitan penjualan yang kerap mereka alami juga disebabkan oleh nilai produk tenun yang belum tinggi.

"Terkait penjualan, di Manggarai masih dijual secara suka-suka harganya. Karena memang ada jenis benang yang kami gunakan, itu tidak sama. Benang yang kami pakai itu masih dari bahan sintetis," tambah Ester.

Kerja sama dengan Torajamelo diharapkan Ester dapat mengajarkan mereka dalam hal penggunaan jenis-jenis benang yang ada.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.