Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Indonesia Bantu Kembangkan UMKM di Sukabumi

Kompas.com - 27/01/2023, 07:00 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk mengembangkan usaha melalui Program Sosial BI (PSBI).

"Bantuan yang kami berikan ini merupakan komitmen BI untuk meningkatkan kapasitas ekonomi para pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Sukabumi agar lebih memiliki daya saing, memperluas penjualan, meningkatkan produksi dan lain sebagainya," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Jabar Erwin Gunawan di Sukabumi pada Kamis seperti dikutip dari Antara.

Menurut Erwin, BI yang sudah lama bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, memiliki program yang sama khususnya dalam mendorong pengembangan ekonomi, industri hingga akses jasa keuangan untuk warga Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas usahanya.

Adapun PSBI yang dikucurkan untuk pelaku UMKM di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran berupa pendopo hanjeli, toilet, sarana sumber air, sarana budidaya perikanan dan sarana peningkatan produksi.

Bantuan kepada sembilan pelaku UMKM yang diberikan pihaknya ini juga merupakan program ketahanan pangan, pemulihan dan kebangkitan perekonomian Jawa Barat pasca-pandemi Covid-19 untuk membangun optimisme masyarakat dan pelaku ekonomi, menjaga ketertiban dan pemasaran.

Kemudian menggerakkan sektor ekonomi utama, meningkatkan daya beli masyarakat serta percepatan digitalisasi ekonomi. Maka dari itu, Kabupaten Sukabumi yang memiliki segudang sumber daya alam seperti pertanian, perikanan, kemaritiman hingga pariwisata harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Potensi tersebut juga harus menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru dan meningkatkan ketahanan pangan untuk kesejahteraan masyarakat sekaligus mengendalikan tekanan inflasi.

Pihaknya pun secara khusus meluncurkan program pengembangan dan pemberdayaan kelompok usaha atau masyarakat di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan slogan ekosistem ketahanan pangan terintegrasi.

"Program ini merupakan kolaborasi antarkelompok masyarakat yang bertujuan untuk pemerataan ekonomi di Jabar selatan melalui ketahanan pangan maupun pariwisata," tambahnya.

Sementara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan dengan adanya sinergi antara Pemkab Sukabumi dengan BI, ia optimistis bisa mempercepat kebangkitan dan peningkatan perekonomian daerah dan warga.

Program pengembangan ekonomi dari BI ini pun sejalan dengan program yang diluncurkan pihaknya dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat.

Tidak hanya itu, bantuan yang diberikan BI Jabar ini diharapkan bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten atau berdaya saingi khususnya pada bidang perekonomian.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Video rekomendasi
Video lainnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com