Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sumbar Apresiasi Bantuan Perantau Buka Peluang UMKM di Pasar Eropa

Kompas.com - 23/02/2023, 21:22 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai bentuk dukungan pada UMKM, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmad Samulo mengatakan, pihaknya terus berupaya membuka peluang bagi UMKM Ranah Minang untuk menggaet pasar global.

Namun menurut Doni, untuk membuka peluang pasar di luar negeri, dibutuhkan bantuan perantau yang memiliki jaringan luas.

Seperti saat delegasi Pemprov Sumbar dan sejumlah UMKM mengikuti Expo UMAMI ARENA di Norwegia 14-17 Februari 2023, perantau Minang yang ada di negara tersebut mengambil peranan penting mencarikan perusahaan "buyer".

Baca juga: Kadin Berupaya Ciptakan Wadah Lebih Kuat untuk UMKM Negara ASEAN

Saat itu ada tiga produk UMKM yang dibawa ke Norwegia, yaitu bumbu rendang produksi Koperasi Ikaboga, lile cokelat, dan kopi Solok Radjo.

“Tiga produk itu mendapat sambutan baik dari pengunjung dan beberapa perusahaan," kata Doni, seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/2/2023).

“Bumbu rendang mendapat perhatian dari perusahaan asal Belanda yang berencana memesan satu kontainer per bulan. Prosesnya akan dibantu oleh perantau Minang Emmy Jorgensen yang menjadi pemilik perusahaan Scanesia,” lanjutnya.

Doni menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi para perantau yang berdomisili di luar negeri dan membantu UMKM Ranah Minang merambah pasar Eropa.

Ia berharap akan semakin banyak peluang pasar bagi produk UMKM di luar negeri nantinya, dengan dukungan dari para perantau Minang di luar negeri.

Delegasi Sumbar ke Norwegia dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Sarinah Targetkan 300 UMKM Gabung Program Sarinah Pandu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com