Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Binaan Pertamina Raih Transaksi Rp 2,4 Miliar di Inacraft 2023

Kompas.com - 06/03/2023, 17:49 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comUMKM binaan Pertamina membukukan transaksi hingga lebih Rp 2,4 miliar dalam ajang The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menuturkan, transaksi yang diraih pada Inacraft 2023 ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan produk lokal.

“Capaian tersebut dapat terealisasi karena dukungan dari berbagai pihak, sehingga memberikan rasa percaya diri para pelaku UMKM untuk terus berkarya untuk melahirkan produk berkualitas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (6/3/2023).

Baca juga: Mengenal Digital Marketing, Strategi Pemasaran Kekinian bagi UMKM

Dalam Inacraft 2023 ini, Pertamina menampilkan 24 UMKM terpilih dari empat kategori berbeda, diantaranya Fashion, Accessories, Beauty and Health, serta Craft.

Salah satu yang menjadi primadona adalah produk kerajinan kayu. UMKM Woodeco Indonesia dan Duta Craftindo yang memproduksi handicraft berbahan dasar limbah kayu sukses meraih perhatian publik baik dalam maupun luar negeri hingga berhasil meraih transaksi tertinggi di ajang ini.

Woodeco Indonesia membukukan transaksi hingga Rp 394 juta, sementara transaksi yang diraih Duta Craftindo sebesar Rp 224 juta selama 5 hari pameran Inacraft 2023 berlangsung.

“Alhamdulillah, beberapa produk Woodeco berhasil mendapatkan pesanan dari mancanegara antara lain Argentina, Israel, Amerika Serikat dan German. Sungguh di luar ekspektasi,” ujar Agung Setiawan, Owner Woodeco Indonesia.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Usaha dari Peserta Inacraft 2023

Sektor craft lain yang berhasil mencuri perhatian di Inacraft 2023 adalah D’etnic Mutiara Lombok, UMKM kerajinan mutiara yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Pertamina Lombok Timur.

Wahyudi, Fasilitator RB Pertamina Lombok Timur mengaku setelah pengumuman UMKM Pertamina peserta Inacraft 2023 pada 29 Januari 2023 dirinya langsung turun ke pengrajin untuk mulai mempersiapkan produk yang harus dibawa ke Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com