Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aspek Kunci Mengoptimalkan Pengembangan Bisnis, Salah Satunya Reward

Kompas.com - 12/04/2023, 09:05 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dibandingkan dengan hanya bertahan, setiap pelaku bisnis pasti menginginkan bisnis yang dimilikinya untuk terus berkembang maju.

Tak hanya pada saat memulainya, mengembangkan bisnis juga dirasa sulit bagi beberapa orang.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa aspek dalam bisnis yang dapat kamu jadikan kunci untuk mengoptimalkan bisnismu, sehingga dapat terus berkembang.

1. Struktur organisasi

Saat mengembangkan bisnis, dapat berarti akan ada lebih banyak pihak yang terlibat di dalamnya. Menyusun struktur organisasi yang jelas akan memudahkanmu untuk menjelaskan siapa berperan apa dan apa saja tanggung jawabnya.

Dengan struktur yang jelas, juga dapat mendorong alur komunikasi antarindividu atau kelompok di dalamnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Jangan lupa untuk menyiapkan media komunikasi online yang dapat diakses oleh setiap pihak di dalam bisnismu.

Baca juga: Ketahui 5 Strategi Digital Marketing, Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

2. Proses kerja

Di dalam bekerja, tentu akan lebih baik jika setiap pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dibandingkan hanya berprinsip “yang penting selesai”.

Dengan menentukan proses kerja yang tersusun dan jelas, akan membuat setiap orang lebih memahami apa pekerjaannya dan bagaimana mereka akan melakukannya dengan efektif.

Kamu dapat membuat timeline pekerjaan yang harus diselesaikan beserta dengan tenggat waktu pekerjaan tersebut harus selesai.

Pastikan juga setiap anggota memiliki pemahaman yang sama, bahwa setiap proses yang dilakukan itu penting dan tidak boleh dianggap remeh.

3. Teamwork

Ciptakan lingkungan bekerja yang nyaman antarsesama anggota di dalam berbisnis. Dengan menumbuhkan teamwork yang kompak, maka kegiatan dalam berbisnis juga dapat berjalan lebih lancar.

Tekankan bahwa komunikasi yang baik antaranggota itu sangat penting untuk mencapai tujuan bersama.

Pastikan juga setiap anggota merasa bahwa kehadirannya memiliki kontribusi yang penting dalam berbisnis.

Baca juga: 3 Elemen Penting dalam Membangun Merek Bisnis

4. Reward

Tidak ada salahnya untuk memberikan reward kepada anggota tim di dalam berbisnis. Hal ini sebagai salah satu bentuk apresiasi yang diberikan atas pekerjaan yang dilakukannya dengan maksimal.

Kamu dapat memberikan reward sederhana berupa publikasi di sosial media atau pemberian hadiah kecil lainnya. Kamu juga dapat menawarkan promosi atau bonus kepada mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com