Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manisnya Peluang Bisnis Katering Sehat, Simak Tipsnya Berikut Ini

Kompas.com - 08/04/2023, 11:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak sekali jenis bisnis katering yang bisa Anda geluti, salah satunya adalah dalam bidang makanan sehat

Umumnya, bisnis ini bisa mencakup katering harian untuk kantor dan katering untuk acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara perusahaan. Namun, saat ini program ini mulai banyak yang menyasar konsumen individual yang sedang menjalani program-program kesehatan atau penurunan berat badan.

Sebagian besar konsumen yang memilih katering sehat umumnya menginginkan makanan yang seimbang dan memiliki kandungan gizi yang tepat. Makanan tersebut diolah dengan cara yang tepat dan diawasi oleh ahli gizi secara langsung.

Adanya pasar yang terus berkembang untuk makanan sehat dan bergizi, tentunya semakin meningkatkan peluang bisnis ini. Semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan dan pola makan mereka, semakin besar permintaan untuk layanan katering sehat.

Namun, bisnis katering sehat juga memerlukan pengetahuan tentang nutrisi dan kesehatan, serta kemampuan untuk memasak makanan yang lezat dan sehat. Apakah Anda punya skill ini? Kalau iya, jangan tunda lebih lama untuk mengenali peluang manis yang ditawarkan.

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam menjalankan bisnis katering makanan sehat:

1. Pahami pasar dan persaingan

Lakukan riset tentang pasar katering makanan sehat di daerah sekitar dan cari tahu apa yang ditawarkan oleh pesaing. Hal ini dapat membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan menemukan konsep penjualan yang tepat!

2. Buat menu sehat yang bervariasi

Buatlah menu sehat yang seimbang dan bervariasi, termasuk berbagai jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pelanggan. Pastikan juga bahwa menu tersebut sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan ya, contohnya nih menu vegetarian atau bebas gluten.

3. Gunakan bahan-bahan berkualitas tinggi

Tips selanjutnya pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk memasak memiliki kualitas tinggi dan segar. Hal ini akan sangat mempengaruhi kandungan nutrisi dan gizi dalam makanan sehat olahan tersebut.

4. Selalu menjaga kualitas

Kualitas adalah faktor utama yang harus Anda pertimbangkan, pastikan kualitas makanan selalu terjaga ya. Pastikan juga bahwa proses persiapan dan penyimpanan makanan dilakukan dengan benar dan higienis.

Baca juga : 5 Keuntungan Menggunakan Jasa Katering Buat Anda yang Super Sibuk

5. Berikan pelayanan terbaik

Selalu berikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Salah satunya dengan merespons permintaan mereka dengan cepat dan berikan solusi yang memuaskan jika terjadi masalah. Pelanggan yang puas akan menggunakan layanan Anda kembali, bahkan merekomendasikannya ke orang lain.

6. Manfaatkan teknologi dengan maksimal

Gunakan teknologi terbaru seperti aplikasi dan website untuk memudahkan pelanggan memesan makanan dan memberikan informasi tentang menu dan layanan.

7. Kembangkan strategi pemasaran

Gunakan media sosial dan media pemasaran online lainnya untuk mempromosikan bisnis. Jangan lupa juga untuk membuat jaringan dengan pelanggan potensial dan mitra bisnis.

Nah, itulah beberapa pembahasan seputar bisnis katering sehat. Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah, sebab ada banyak tantangan yang perlu dihadapi. Tetapi bukan berarti, bisnis ini sulit dijalankan.

Pahami bagaimana tren pasar dan ikuti perkembangan teknologi saat ini, dan bangun bisnis katering sehat Anda sendiri.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com