Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Penjualan dengan Kemasan Produk? Begini Caranya

Kompas.com - 21/06/2023, 09:01 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kemasan menjadi hal yang urgent karena bisa melindungi produk yang berada di dalamnya. Namun, tidak jarang pelaku bisnis hanya ala kadarnya dalam membuat kemasan produk.

Padahal, selain untuk melindungi produk, kemasan juga menjadi pembeda produk yang kita miliki dengan produk para pesaing.

Tidak hanya itu, kemasan produk juga bisa meningkatkan angka penjualan karena pelanggan menyukai keindahan yang dibarengi dengan nilai kegunaan. Oleh karena itu, berikut ini cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan kemasan produk.

Baca juga: 5 Tips Membuat Kemasan yang Menarik dan Murah

1. Memakai kemasan produk ramah lingkungan

Sekarang ini, banyak konsumen yang lebih memilih produk yang dikemas dengan kemasan yang ramah lingkungan. Hal ini karena mereka tak sekedar membeli produk, namun juga melihat dampaknya terhadap lingkungan.

Melihat fenomena tersebut, kamu bisa manfaatkan dengan menerapkannya pada kemasan produkmu.

2. Menggunakan story telling pada kemasan

Menggunakan story telling pada kemasan saat ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa pelaku bisnis. Dengan memberikan cerita atau beberapa kata pendek di kemasan, hal itu bisa menarik perhatian pelanggan.

Misalnya kamu menjual produk teh, kamu bisa menggunakan kata-kata pendek di kemasannya dan menyampaikan cerita kepada pelanggan, seperti cerita tentang daerah tumbuhnya daun teh yang dikemas, tradisi masyarakat setempat dalam kaitannya dengan konsumsi teh, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Kemasan Produk

3. Membuat kemasan produk menjadi berguna

Salah satu hal penting saat membuat kemasan adalah kemasan bisa digunakan secara berulang kali. Hal ini bisa memberikan nilai lebih pada kemasannya.

Di mana kemasan bisa digunakan untuk keperluan lain, seperti tas belanja atau tempat menyimpan barang.

Untuk mendapatkan kemasan tersebut pastikan saat proses pembuatan menggunakan bahan yang tahan lama.

4. Memperhatikan desain kemasan

Selanjutnya, desain menjadi bagian penting saat membuat kemasan. Desain harus memperhatikan dua hal, yaitu komunikasi dan visual.

Dalam pola kemasan produk yang baik bisa mengkomunikasi pesan secara baik dalam wujud desain, visi produk, dan nilai guna produk dengan desain yang baik.

Baca juga: 4 Alasan Bisnis Kemasan Produk Cukup Menjanjikan

Kemasan produk yang baik juga bisa memberikan visual estetik dengan menyesuaikan visi, target, dan segmen produk.

Selain itu, membuat kemasan juga mesti menyesuaikan warna dengan identitas perusahaan atau bisnis.

5. Menyesuaikan dengan kelasnya

Terakhir, pengemasan juga mesti menyesuaikan dengan kelas produk. Misalnya, apabila kamu membuat produk premium, sesuaikan desain dan nilai kemasannya dengan produk tersebut.

Selain untuk meningkatkan kepercayaan, pengemasan produk tersebut juga bisa menjadi jaminan pelanggan tentang keamanan produk yang digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com