Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Kemasan Produk

Kompas.com - 25/10/2022, 12:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital saat ini, strategi pemasaran produk begitu banyak, salah satunya lewat aspek packaging.

Jenis dan estetika kemasan atau bungkus produk dapat berfungsi sebagai suatu perangkap emosional guna menarik perhatian para konsumen.

Kualitas produk sangat penting, tapi cara Anda membungkusnya sebelum didistribusikan kepada konsumen memegang peranannya sendiri.

Baca juga: Pertamina Boyong 50 UMKM Unggulan ke Trade Expo Indonesia

Desain bungkus atau kemasan adalah tampak muka dari produk Anda sehingga itulah yang dilihat pertama kali oleh konsumen dan bisa memberikan nilai lebih di mata mereka.

Secara lebih rinci, packaging dapat berfungsi untuk meningkatkan awareness dan kredibilitas produk serta brand Anda. Selain itu, melalui kemasan pula ANda bisa menggunakannya sebagai salah satu setrategi pemasaran karena pada kemasan terdapat detail produk yang biasanya dicari atau dibutuhkan oleh konsumen.

Yang pasti, kemasan akan menjaga kualitas produk di dalamnya, misalnya makanan atau produk pakaian.

Namun, bagaimana caranya untuk membuat model packaging yang tepat dan menarik di mata konsumen? Berikut beberapa tipsnya:

1. Gunakan Desain yang Menggambarkan Keunikan Brand Anda

Desain yang menarik dan tidak berlebihan sangat penting, tapi memperhatikan makna serta tujuan dari desain itu sendiri juga penting. Siapa target pasar Anda, apa yang mau ditonjolkan dari produk, hingga pemilihan warna perlu diperhatikan.

2. Tambahkan Lambang Legalitas Produk Anda

Mengapa ini penting? Jika produk Anda ingin dilirik dan lebih dipercaya oleh konsumen, aspek legalitas ini sangat penting. Misalnya legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan, atau sertifikasi halal.

Baca juga: Tips Penting agar Sukses Memulai Usaha Cuci Mobil untuk Pemula

3. Cantumkan Penjelasan atau Kelebihan Produk

Terkadang, akan ada konsumen yang memiliki keingintahuan lebih terkait sebuah produk. Anda bisa mencatumkan sedikit penjelasan yang menggambarkan produk atau brand, utamanya kelebihannya dibandingkan produk kompetitor.

4. Bahan Kemasan yang Unik dan Sesuai Modal

Perlu ada kreativitas dalam memilih bahan dasar kemasan. Banyak material yang bisa dijadikan kemasan unik dengan harga terjangkau, seperti kertas, bahan kardus, atau dari material daur ulang.

Selain harga yang murah, saat ini banyak konsumen yang memperhatikan faktor lingkungan. Jika menggunakan kemasan berbahan material non-plastik bisa memberikan nilai lebih bagi produk Anda.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.