Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Biayai Ekosistem Bisnis, BPR BKK Purwodadi Jadi BPR Terbaik di Jateng

Kompas.com - 23/08/2023, 08:30 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - PT BPR BKK Purwodadi (Perseroda) meraih juara pertama kategori BPR BKK terbaik se-Jawa Tengah tahun 2023 oleh Pemerintah Provinsi Jateng akhir pekan lalu.

Penghargaan ini merupakan kali ketiga di tahun 2023 setelah sebelumnya berpredikat "The Best BPR milik Pemerintah Daerah beraset lebih dari Rp 1 triliun" di acara Infobank Top BUMD award 2023 dan menyabet gelar BPR bintang 5 versi Majalah Top Business.

Direktur Utama PT BPR BKK Purwodadi, Anita Fitriani Yusuf, mengatakan, prestasi kali ini merujuk pencapaian kinerja perseroan yang dinilai tumbuh pesat.

Baca juga: LPDB-KUMKM Genjot Penyaluran Dana Bergulir ke Sektor Riil

"Harapan kami ini bisa memotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Tantangan ke depan yaitu terbitnya UU P2SK tentang penguatan perbankan, membuat kita harus mempersiapkan strategi mampu tumbuh lebih maju," terang Anita, Senin (21/8/2023).

Menurut Anita, BPR yang dipimpinnya fokus pada pendekatan ekosistem bisnis, baik dari sisi pembiayaan maupun pendanaan. Tercatat sampai dengan akhir Juli 2023 aset perusahaan mampu bertahan di atas Rp 1 triliun.

PT BPR BKK Purwodadi sepanjang 2023 ini menargetkan menyalurkan kredit senilai Rp 994 miliar, aset Rp 1,2 triliun, laba Rp 19 miliar dan dividen Rp 20 miliar atas laba 2022.

Baca juga: 3 Tips Memulai Bisnis Online bagi Pelaku UMKM

Sementara pada 2022, penyaluran kredit perseroan mencapai Rp 956 miliar, aset Rp 1,15triliun, laba Rp 36 miliar, dan dividen Rp 19 miliar .

"Program-program yang dijalankan merupakan sinergitas dengan Pemkab Grobogan. Contohnya Kredit Usaha Mikro Daerah (KUMDA) yang diperuntukkan kepada pelaku UMKM dengan bunga 2 persen per tahun, selain itu kami dipercaya sebagai Single Account Dana Desa, penyalur Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan lain sebagainya," ungkap Anita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com