Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Lubricants Bantu Kembangkan Pengusaha Bengkel Roda Dua

Kompas.com - 02/09/2023, 20:26 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pertamina Lubricants bersama Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) dan BULOG mengadakan program Creating Shared Value (CSV) untuk mengembangkan pengusaha muda di bidang perbengkelan roda dua.

Program ini terbagi menjadi dua bidang pelatihan, yaitu Enduro Student Program (ESP) dan Enduro Sahabat Komunitas (ESK).

Dari informasi yang Kompas.com terima, program ini akan diikuti oleh 26 orang peserta yang terdiri dari siswa SMK, anggota komunitas hingga peserta bengkel Difabel Yogyakarta.

Penyelenggaraan kegiatan ini akan terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung selama satu bulan, kemudian dilanjutkan dengan praktik kerja (magang) dan mentorship oleh bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants selama 45 hari.

Baca juga: Kemenkop UKM: UMKM di Indonesia Perlu Perkuat Entrepreneurial Mindset

Pelaksana Tugas Kepala BBPVP Bandung, Elyana Silmia menuturkan maksud dan tujuan dari pelatihan ini adalah agar seluruh peserta mampu menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul berkualitas yang bisa diandalkan oleh industri global.

“Tak hanya menumbuhkan SDM unggul berkualitas, program ini juga membuka peluang usaha sesuai dengan bidang kejuruan masing-masing peserta, juga diharapkan mendorong semangat dalam memenuhi kemerdekaan Indonesia,” ujar Elyana.

Ia pun menegaskan pentingnya menghadapi tantangan masa depan dengan kepemimpinan teknologi dan strategi yang cermat.

“Saya harap, ke depan para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan penuh semangat dan disiplin sampai akhir pelatihan yang akan dibantu oleh Pertamina Lubricants,” tambahnya.

Baca juga: Dukung Pelaku UMKM Perempuan Go Digital, Visa Luncurkan Program Ibu Berbagi Bijak

Selama program berlangsung, Pertamina Lubricants akan terus membekali siswa dengan berbagai materi, diantaranya adalah character building dan wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewirausahaan (sales dan marketing), product knowledge oli Pertamina dan creative thinking.

“Dengan program ini, memperlihatkan kepada kita tekad dalam mengembangkan potensi anak muda dalam industri perbengkelan roda dua, selagi menjawab tantangan yang muncul dalam dunia industri yang terus berubah,” ungkap Corporate Secretary Pertamina Lubricants, Rifqi Budi Prasetyo di Bandung (01/09/2023).

Melalui program ini, mewujudkan komitmen Pertamina Lubricants untuk bekerjasama dengan mitra untuk mendukung kemandirian tenaga muda produktif Indonesia di bidang otomotif.

Di samping itu, diharapkan juga para peserta dapat terus membangun mimpi mereka, menciptakan lapangan pekerjaan, membangun ekonomi setempat dan menjadi inspirator bagi kerabat di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com