Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mengenal Untold Studio, Wadah bagi Para Kreatif dan Pelaku UMKM

Kompas.com - 07/10/2023, 17:03 WIB
Nirwana Hafizh,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, studio foto adalah tempat pelanggan bisa mengambil gambar dan merekam momen mereka. Usaha di bidang ini menyediakan ruangan-ruangan yang photogenic dan bisa dipakai orang-orang untuk keperluan apa pun, terutama yang ada hubungannya dengan fotografi.

Seiring waktu, layanan studio foto tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan foto atau rekaman orang semata. Lebih dari itu, layanan dipakai bagi orangorang kreatif ataupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengambil gambar produk.

Merespons kebutuhan tersebut, maka hadir Untold Studio sebagai creative space. Wadah ini digunakan para pelaku kreatif, UMKM, dan brand untuk memenuhi kebutuhannya.

Melihat riwayatnya, Untold Studio dibangun tiga sekawan, yakni Irene Insan, Andrew Jussac, dan Abel Hesed, saat pandemi Covid-19.

Misi yang mereka kedepankan sedikit nekat. Seperti diketahui, selama pandemi, banyak usaha gulung tikar. Melawan tren, Ketiganya justru berani mengambil risiko membangun usaha studio foto.

Tak mainmain, ketiga pendirinya memikirkan dengan cermat, mulai dari pemilihan tema studio yang autentik dan beragam, keragaman properti foto, kebersihan studio, kelengkapan pencahayaan atau lighting, dan pelayanan yang diberikan para kru kepada para pelanggan.

Hal itulah yang membuat Untold Studio justru menjadi semakin berkembang meskipun dibangun di tengah keterpurukan ekonomi dunia akibat pandemi. Apalagi, mereka melihat peluang bahwa wadah studi dibutuhkan bagi pelaku bisnis yang ingin memasarkan produk mereka secara digital—sebagai tren bisnis yang mulai diambil selama pandemi.

Banyak pelanggan kala itu yang merasa puas dengan pelayanan Untold Studio.

“Kami mau studio kami bisa lebih membuka banyak peluang bagi masyarakat. Maka dari itu, dalam merancang studio ini, kami berusaha untuk memberikan service yang terbaik,” Andrew Jussac pada siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (6/10/2023).

Meski begitu, Andrew mengakui bahwa bisnis yang dijalani tersebut tak melulu mulus. Studio juga Ia dan kedua temannya merasakan struggle pada awal-awal memulai bisnis.

Menurutnya, fase pengenalan adalah masa-masa paling sulit. Namun, karena kinerja para tim dan mindset mereka yang mengutamakan customer oriented, perlahan studio foto tersebut mulai berkembang hingga diakui oleh masyarakat.

Sebgai informasi,Untold Studio memiliki visi misi untuk menjadi market leader dan media bagi para pelaku kreatif.

Para pendirinya berharap, studio foto tersebut bisa digunakan sebagai tempat sharing dan edukasi bagi semua orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com