Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 4 Hal Penting untuk Pelaku UMKM Bisa Berkembang

Kompas.com - 12/02/2024, 19:17 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

MANADO, KOMPAS.com - Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Krisna Ariza mengatakan perlunya transformasi sumber daya manusia (SDM) pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menuju Indonesia Emas 2045.

"Pemerintah mempersiapkan Indonesia Emas 2045 dengan cita-cita menjadikan masyarakat adil, makmur dan sejahtera," kata Krisna di Manado, Minggu seperti dilansir dari Antara.

Krisna mengatakan terdapat beberapa hal yang harus disiapkan untuk mewujudkannya. Pertama, perlu adanya transformasi SDM UMKM.

Pandemi COVID-19 dan perkembangan teknologi membuat pola konsumsi berubah. Saat ini, penjualan tidak hanya dilakukan secara tatap muka tapi juga secara daring.

"Pelaku UMKM membutuhkan kemampuan manajerial untuk mengatur penjualan langsung maupun daring,” jelas Krisna.

Baca juga: 3 Cara Optimalkan Transformasi Digital dalam Business Marketing

Ia menjelaskan hal kedua yang harus disiapkan adalah inovasi produk UMKM yang harus terus dilakukan seiring perkembangan zaman.

Ketiga, pola kemitraan dengan toko ritel modern. Toko ritel modern harus mengutamakan produk-produk unggulan termasuk di Kabupaten Minahasa, melalui evaluasi.

Hal itu menjadi tugas pemerintah daerah untuk memberikan akses pasar kepada pelaku UMKM.

Keempat, ketika ada peningkatan produksi. Para pelaku UMKM harus berani meningkatkan kapasitas modal dan kapasitas produksinya dengan meminjam uang kepada jasa keuangan perbankan. Fasilitas yang diberikan pemerintah adalah sesuai yang dipersyaratkan.

"Hal itu harus dimanfaatkan dengan baik dan menjadi sarana untuk memperluas akses pasar,” ujar Krisna.

Ia mengatakan Kementerian Perdagangan terus berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan di seluruh kabupaten di Indonesia untuk memberikan pembinaan dan pelatihan terkait cara berjualan daring.

"Pemerintah hadir secara nyata memfasilitasi kebutuhan masyarakat dan pelaku UMKM," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com