Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Bisnis di Ruko Kawasan Perumahan

Kompas.com - 16/02/2024, 15:24 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tinggal di kawasan perumahan bisa memberikan banyak sekali peluang, terutama untuk berbisnis. Apalagi jika punya ruko di kawasan tersebut, sudah pasti peluangnya akan sangat terbuka lebar.

Hal ini karena ruko atau area komersial memang dirancang sebagai area utama di kawasan perumahan tersebut. Supaya bisa mengakomodasi segala macam kebutuhan para penghuninya.

Punya ruko di kawasan perumahan tapi belum punya rencana untuk menjalankan bisnis apa? Simak 6 ide bisnis yang cukup menarik jika dikembangkan di kawasan perumahan yang dikutip dari Cermati.com:

1. Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan salah satu usaha yang cocok dijalankan jika punya ruko di kawasan perumahan. Hal ini karena Anda tidak harus bersusah payah memikirkan strategi promosi yang harus dilakukan untuk bisnis tersebut.

Cukup siapkan ruko dan modal usaha, maka Anda pun akan mendapatkan paket usaha yang lengkap. Seperti dari etalase dan booth untuk berjualan, pelatihan, bahan baku jualan hingga strategi pemasarannya sudah disiapkan.

Bukan cuma produk makanan dan minuman saja, saat ini ada banyak bisnis franchise yang bergerak di lini bisnis lainnya. Misalnya saja seperti produk fashion, kecantikan, dan lain sebagainya.

2. Bisnis Kuliner

Bisa dibilang, bisnis kuliner adalah usaha yang tak ada matinya dan sangat berpotensi mendatangkan keuntungan. Ini karena makanan dan juga minuman merupakan kebutuhan dasarnya setiap manusia. Jangan heran jika bisnis kuliner pasti akan selalu dibutuhkan masyarakat dimanapun berada.

Pastikan jika produk kuliner yang Anda tawarkan punya harga dan rasa yang cocok dengan selera penghuni di kawasan perumahan tersebut. Karena sekali pembeli suka dan cocok dengan produk kuliner yang Anda tawarkan, mereka akan dengan senang hati membeli. Bahkan bisa jadi pelanggan setia.

Bisnis kuliner bukan cuma rumah makan saja, Anda pun bisa membuka bisnis lainnya yang masih berhubungan dengan kuliner. Misalnya seperti katering, toko kue atau membuka kursus memasak dan lain sebagainya.

3. Bisnis Laundry

Ide bisnis selanjutnya yang cocok untuk dikembangkan di kawasan perumahan adalah laundry, terutama jika punya ruko sendiri. Apalagi di kawasan perumahan yang dihuni banyak orang dari berbagai kalangan, tentunya akan selalu muncul permintaan akan jasa laundry.

Belum lagi jika perumahan tersebut berada di kawasan super sibuk, seperti perkantoran, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Kehadiran jasa laundry bisa jadi solusi bagi mereka yang bekerja dan tak punya banyak waktu mengurus pakaian kotor di rumah.

Bisnis laundry ini tentu akan sangat cocok dijalankan di ruko yang berada kawasan perumahan dan tak jauh dari lokasi strategis. Termasuk akses mudah ke jalan utama yang dilalui banyak orang.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Jalankan Bisnis Waralaba untuk Pemula

4. Mini Market

Lanjut dengan ide bisnis di ruko kawasan perumahan yang menarik untuk dikembangkan berikutnya adalah usaha minimarket. Menjalankan bisnis ini di ruko yang berada kawasan perumahan memiliki peluang memberikan keuntungan yang cukup stabil.

Anda bisa menawarkan kerjasama bagi hasil dengan pihak lain untuk membuka minimarket alias franchise. Sehingga tak perlu repot mengelolanya sendiri, karena pihak lain yang akan mengaturnya untuk Anda. Lain halnya jika memilih untuk mengelola bisnis ini secara mandiri.

Sebab Anda harus memperhitungkan semua hal, dari modal, konsep hingga strategi promosi minimarket tersebut. Tapi, dengan begitu Anda bisa lebih bebas mengatur dan mengelola produk apa saja yang akan dijual. Mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga top up pulsa, token listrik dan lain sebagainya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com