Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Karyawan dan Ingin Berbisnis? Coba Jajaki Franchise Makanan

Kompas.com - 12/02/2024, 12:09 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis franchise makanan bisa menjadi salah satu alternatif bagi karyawan yang ingin memulai usaha. Salah satu pilihannya adalah waralaba makanan.

Mengapa perlu melirik franchise makanan? Ini karena bisnis makanan menawarkan kelebihan di antaranya Anda tidak perlu menyiapkan hal-hal yang rumit seperti strategi bisnis, dan sebagainya.

Selain itu, makanan merupakan kebutuhan pokok. Sehingga, kebutuhan terhadap makanan akan selalu ada setiap hari.

Baca juga: Kemasan Siap Ekspor, Kunci Peningkatan Daya Saing Produk untuk Ekspor

Kemudian melalui franchise, Anda hanya perlu menjalankan sistem operasional dan prosedur yang telah diberikan oleh pemilik franchise makanan tersebut.

Maka dari itu, menjalankan bisnis berupa franchise makanan membuka peluang bagi Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang relatif cepat.

Keuntungan lainnya adalah, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan produk. Pemilik waralaba biasanya akan memenuhi kebutuhan berjalannya usaha.

Namun demikian, Anda perlu selektif untuk memilih franchise makanan yang akan dijalankan, agar keuntungan bisa diperoleh secara cepat dan maksimal.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips memilih franchise makanan bagi Anda yang saat ini masih berstatus karyawan dalam rangka memulai merintis usaha.

Bisnis yang Legal dan Berizin

Namanya makanan, sudah barang tentu harus memiliki izin maupun sertifikat, mulai sertifikat halal dari MUI, keamanan makanan dari BPOM, hingga izin usaha dari pemerintah.

Jika produk franchise makanan atau minuman yang ingin Anda ambil tidak memiliki izin-izin tersebut, bisa saja Anda akan menemui kendala di kemudian hari.

Untuk menghindarinya, pastikan bahwa bisnis franchise yang Anda jalankan telah memiliki izin dari dinas yang berwenang. Dengan adanya izin resmi, konsumen juga akan lebih percaya terhadap keamanan produk makanan maupun minuman yang Anda tawarkan.

Brand Terkenal

Salah satu kunci sukses dari bisnis adalah brand. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan nama atau brand yang sudah terkenal atau banyak dikenal oleh masyarakat agar modal yang Anda keluarkan bisa kembali dengan cepat.

Ini karena brand yang terkenal akan membuka peluang bisnis bisa diketahui oleh konsumen secara luas. Dengan banyaknya masyarakat yang tertarik, Anda bisa dengan mudah mendapatkan potensi keuntungan yang besar.

Baca juga: Peluang Ekspor Daun Pisang, Bisa Untung Ratusan Ribu Rupiah

 

Pilih Franchise yang Terpercaya

Faktor terpenting dalam memilih bisnis franchise adalah mengenai kredibilitas produk dan perusahaan.

Untuk itu, Anda harus memilih franchise dengan produk yang sudah jelas terbukti kualitasnya dan memiliki kredibilitas yang baik. Kredibilitas yang baik bisa dilihat dari laporan keuangan perusahaan tersebut.

Jangan pernah tergiur kerja sama dengan harga yang murah, karena belum tentu memiliki kualitas yang baik. Perusahaan yang baik akan terbuka jika Anda menanyakan beberapa pertanyaan penting terkait dengan bisnis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com