Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Strategi Membangun Networking Bisnis, Pelaku Usaha Harus Tahu

Kompas.com - 11/02/2024, 20:00 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber BDC

KOMPAS.com - Dalam membangun bisnis, yang penting bukan hanya apa yang Anda ketahui, tapi juga siapa yang Anda kenal. Pasalnya, tak bisa dipungkiri, networking atau membangun jaringan yang bagus dapat memberikan kontribusi langsung pada bisnis Anda.

Sayangnya, masih banyak pelaku usaha yang enggan meluangkan waktu untuk membangun jaringan, bahkan menganggap minum kopi dengan rekan bisnis hanya membuang waktu.

Bonnie Elliot, Manajer Pusat Kewirausahaan BDC di Kanada mengatakan, membangun networking bisnis yang saling menguntungkan harus menjadi prioritas bagi setiap pemilik bisnis.

Baca juga: Scale Up Bisnis, Networking Salah Satu Cara Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

"Pelaku usaha harus memahaminya sebagai investasi, bukan membuang waktu atau uang. Hubungan baik sangat penting dan sangat membantu," kata Elliot.

Ia mengungkap, bahwa networking bisnis yang kuat dapat menghasilkan pelanggan baru, meningkatkan kemampuan manajemen, dan penemuan ide-ide baru.

Elliot merekomendasikan beberapa strategi untuk membantu para pelaku usaha meningkatkan kemampuan membangun networking mereka.

1. Buat rencana

Sama seperti perencanaan bisnis, di awal tahun Anda sebagai pelaku usaha juga perlu menyusun strategi membangun jaringan, dengan menentukan jadwal-jadwal peretemuan.

“Tentukan siapa yang ingin saya temui tahun ini? Siapa saja yang ingin saya temui secara rutin? Dengan siapa saya ingin berbisnis di tahun ini?”

Di akhir tahun, review apakah sudah mencapai tujuan Anda dan bagaimana hubungan dengan orang-orang dalam jaringan Anda membantu bisnis Anda.

2. Aktif ikut kegiatan

Perhatikan teman-teman pelaku usaha lainnya, apa saja jenis kegiatan yang biasanya mereka hadiri, apakah itu webinar, konferensi, atau pameran?

Acara-acara tersebut biasanya membuka peluang besar untuk bertemu orang-orang baru dan membuka kesempatan pengembangan bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan bisnis Anda. Umumnya, selain dapat berdiskusi, komunitas memiliki jadwal acara rutin yang bisa diikuti anggotanya.

Baca juga: Apa Itu Networking? Penjelasan dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

3. Siapkan diri

“Banyak orang merasa tidak nyaman menghadiri acara tertentu untuk membangun networking, karena merasa seperti dating ke pesta tanpa mengenal siapa pun. Padahal, semua orang merasakan hal yang sama,” ungkap Elliot.

Beberapa hal yang perlu diingat saat menghadiri acara untuk networking:

- Bawa kartu nama Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com