Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scale Up Bisnis, Networking Salah Satu Cara Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

Kompas.com - 12/12/2023, 19:46 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Setiap pengusaha Indonesia, salah satunya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pastinya ingin bisnis yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang.

Menurut Small Business Association, dari 10 bisnis hanya ada dua hingga tiga bisnis yang bisa bertahan sampai lebih dari lima tahun. Bisnis yang bertahan ini juga belum tentu mampu tumbuh dan berkembang.

Hal ini karena, ada banyak penyebab bisnis gagal tumbuh diantaranya karena kurangnya memahami pasar, kekurangan modal, salah merekrut karyawan, dan salah manajerial.

Baca juga: 8 Cara Bisnis Pakaian Brand Sendiri

Oleh karena itu, jika bisnis mengalami stagnasi (perlambatan) pertumbuhan, para owner harus segera mengambil tindakan seperti mengikuti workshop.

Scale Up 2.0 merupakan wadah bagi para owner bisnis yang memiliki gairah berwirausaha untuk menumbuhkan bisnisnya hingga bisa naik level.

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 10 Desember 2023 di Hotel Garden Inn Taman Palem, Jakarta Barat dengan tema Prepare Your Exponential Growth in 2024.

Scale Up 2.0 dihadiri oleh 80 pebisnis yang hadir secara offline dan terdapat 40 owner yang hadir secara online, serta empat pembicara ulung, seperti Ignasius Jonan, Adythia Pratama, Rindi Allorerung, dan Alfan Robbani.

Baca juga: UMKM Harus Buat NIB, Gratis dan Cuma 5-10 Menit Lewat OSS Indonesia

Ignasius Jonan selaku mantan Menteri Perhubungan dan juga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia 2014-2016 mengatakan, bisnis pasti butuh kesabaran besar karena perjuangannya juga lebih besar.

“Kalau kita mau scale up, ibarat naik tangga. Tangga ke satu hingga ke dua itu mungkin masih ringan, tapi untuk menuju tangga selanjutnya yang lebih tinggi pasti langkah kita lebih berat,” lanjut Ignasius Jonan, Selasa (12/12/2023).

Sementara itu, Adythia Pratama, Guerilla Marketing Strategist dan IPO Consultant mengatakan, scale up itu bukan lagi tentang bertambah banyak cabang, menaikkan omzet, dan lebih banyak karyawan. Scale up juga berbicara berbicara tentang marketing.

Baca juga: Simak Strategi Memulai Usaha Toko Oleh-oleh

“Pelaku Bisnis dan UMKM seharusnya jangan pisahkan antara networking dengan marketing. Misalnya bisnismu diadu dengan kompetitor yang tidak punya relasi pasti kamu yang punya relasi akan menang, tapi bagaimana kalau kamu dan kompetitor sama-sama memiliki relasi yang luas? Pasti hanya perang harga, karenanya bisnismu harus mempunyai positioning yang kuat,”.

Hal itu disampaikan oleh Adythia Pratama saat menjadi narasumber pada acara Scale Up 2.0 di Hotel Garden Inn Taman Palem, Jakarta Barat pada Minggu (10/12/2023).

“Networking itu sangat penting untuk pelaku UMKM, justru UMKM jangan hanya mengandalkan strategi marketing biasa saja. Networking justru membantu scaling up bisnis UMKM tanpa menggunakan modal,” ujar Adythia Pratama

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com