Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Jaring Anak Muda Inspiratif di Bengkulu Lewat SATU Indonesia Awards 2024

Kompas.com - 28/04/2024, 07:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk kembali menggelar Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards.

Di tahun ke-15 ini, dengan mengusung tema “Bersama, Berkarya, Berkelanjutan”, SATU Indonesia Awards 2024 memulai rangkaian pertamanya dengan Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu.

Melalui kegiatan ini, Astra mengajak dan mengapresiasi generasi muda inspiratif, utamanya di wilayah Bengkulu, yang senantiasa berkontribusi dan memberi manfaat untuk masyarakat sekitarnya dalam bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi.

Baca juga: Astra Luncurkan SATU Indonesia Awards 2024, Raline Shah dan Dian Sastro Jadi Juri

Head of Media Relations Astra, Regina Panontongan mengatakan, generasi muda merupakan kunci kemajuan bangsa Indonesia ke depannya.

Pasalnya, para generasi muda masih memiliki banyak ruang untuk berpikir dan mengelola informasi, yang kemudian bisa menghasilkan inovasi untuk kemajuan bangsa.

“Hal itulah yang menjadi alasan Astra menginisiasi SATU Indonesia Awards, untuk mengapresiasi anak muda Indonesia yang berusia maksimal 35 tahun, yang memang telah memberi manfaat untuk masyarakat di sekitarnya,” kata Regina dalam acara AstraTalks: Bincang Inspiratif Bersama, Berkarya, Berkelanjutan di Hotel Grage, Bengkulu, Sabtu (27/4/2024).

Lebih lanjut Regina berharap, SATU Indonesia Awards bisa menjadi motivasi yang tidak pernah putus untuk memajukan bangsa Indonesia.

“Waktu 15 tahun tidak sebentar. Artinya, kami ingin ini menjadi kegiatan berkelanjutan. Tidak pernah terputus memberi apresiasi pada generasi muda, dengan harapan bisa menambah semangat teman-teman untuk semakin banyak berkarya,” tuturnya.

Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, di Hotel Grage, Bengkulu, sabtu (28/4/2024).KOMPAS.com/Bestari Bincang Inspiratif 15th SATU Indonesia Awards 2024, di Hotel Grage, Bengkulu, sabtu (28/4/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Azza Aprisaufa, pencipta aplikasi Jasa Sarjana sekaligus penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2018 mengakui, apresiasi SATU Indonesia Awards membuatnya lebih berdaya dan membuka kesempatan lebih besar untuk berkontribusi positif di tengah masyarakat.

“Bantuan dana dan pembinaan yang saya terima dari SATU Indonesia Awards sangat bermanfaat untuk mengembangkan aplikasi Jasa Sarjana yang saya buat, sehingga manfaatnya lebih maksimal untuk memberdayakan keahlian para sarjana dan mengurangi angka pengangguran terdidik di Aceh dan Sumatera,” paparnya saat ditemui di akhir acara.

Baca juga: Ingin Daftar SATU Indonesia Awards Astra? Berikut Kriteria Penilaiannya

Pria asal Aceh ini berharap, pengalamannya bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda di Bengkulu untuk berani mencoba, tidak takut salah, dan mau belajar.

“Langkah kecil sekalipun jika dilakukan, dapat menjadi solusi bagi masyarakat dan kemajuan bangsa,” ujar Aza.

Dalam acara Bincang Inspiratif pertama 15th SATU Indonesia Awards 2024 kali ini, juga dihadiri juri SATU Indonesia Awards sekaligus Pakar Teknologi Informasi Onno W. Purbo Ph.D dan Juri SATU Indonesia Awards sekaligus Direktur Utama Tempo Arif Zulkifli sebagai pembicara.

Selain itu, ada lebih dari 800 anak muda Bengkulu yang hadir dan antusias mengikuti acara.

Periode pendaftaran 15th SATU Indonesia Awards 2024 tahun ini telah dibuka sejak 4 Maret 2024 hingga 4 Agustus 2024 mendatang. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.astra.co.id.

Nantinya, para kandidat yang terpilih sebagai penerima apresiasi SATU Indonesia Awards berhak mendapatkan dana bantuan kegiatan Rp 65 juta dan pembinaan kegiatan, serta kesempatan untuk berkolaborasi bersama di Kampung Berseri Astra atau Desa Sejahtera Astra.

Baca juga: Kampung Berseri Astra Berdayakan Perempuan Perajin Anyaman di Sumatera Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com