Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Peternak Binaan, Grup Astra Salurkan 3.500 Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

Kompas.com - 28/06/2023, 08:51 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggandeng lebih dari 40 peternak binaan untuk menyalurkan 3.500 hewan kurban di seluruh Indonesia.

Jumlah hewan kurban yang disalurkan Astra tersebut terdiri dari 500 ekor sapi dan 3.000 ekor kambing/domba dengan total nilai Rp 20 miliar. Pengadaan hewan kurban tersebut berasal dari peternak yang selama ini diberdayakan oleh Astra Group.

Dewan Pengurus YAA sekaligus Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menjelaskan, penyerahan kurban ini merupakan wujud kepedulian perusahaan dan insan Astra untuk kebaikan bersama serta berbagi kebahagiaan dalam semangat Iduladha.

 

Baca juga: Ervia Susanty, Iseng-iseng Isi Waktu Luang Berujung Jadi Cuan

"Semoga Idul Adha tahun ini membawa berkah bagi kita semua dan kegiatan kurban ini dapat bermanfaat serta memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelas dia dalam keterangan resmi, Selasa (27/6/2023).

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolis melalui acara seremoni Penyerahan Kurban Astra 2023 Kepada Masyarakat di Kantor Walikota Jakarta Utara. Seremoni penyerahan hewan kurban dilakukan oleh oleh Head of CSR & Social Engagement PT Astra International Tbk Triyanto dan Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Dalam pelaksanaan kegiatan kurban ini, pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan dengan mengikuti prosedur, ketentuan agama, dan regulasi kesehatan yang berlaku.

Daging kurban kemudian akan didistribusikan kepada masyarakat yang berhak dalam kemasan besek bambu.

Baca juga: Pelaku Usaha, Stop Kebiasaan Buruk Menunda dengan 4 Cara Ini

Penggunaan bahan alami dari bambu tersebut diharapkan dapat mengurangi sampah yang dihasilkan dari pelaksaan kurban dan mendorong penerapan konsumsi berkelanjutan serta mendukung gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diinisiasi Grup Astra guna mengurangi penggunaan plastik sekali pakai untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

Kegiatan penyerahan hewan kurban yang diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh Grup Astra ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Grup Astra terhadap kesejahteraan masyarakat, serta mempererat tali silaturahmi dengan lingkungan sekitar.

Semangat berbagi dan mempererat ikatan sosial dengan masyarakat serta lingkungan sekitar sejalan dengan cita-cita Astra sejahtera bersama bangsa dan pilar pembangunan sosial Sustainable Development Goals (SDGs).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com