Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Menjalin Networking secara Profesional dalam Membangun Usaha

Kompas.com - 27/06/2023, 11:13 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comNetworking atau membangun relasi dengan orang lain menjadi satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun usaha yang kamu miliki.

Networking dapat menjadi salah satu peluang bagi kamu untuk mengakses kesuksesan-kesuksesan lainnya yang ingin dicapai. Bahkan mungkin dengan cara yang tak diduga-duga.

Simak 5 manfaat membangun networking secara profesional dalam membangun usaha berikut ini.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pebisnis yang Sukses, Termasuk Membangun Networking

1. Peluang baru

Dengan memperluas jaringan dan relasi, tentu kamu dapat mengenal lebih banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Hal ini menjadi salah satu peluang bagi kamu dalam menjalankan bisnis.

Dari sini, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan investor atau calon pelanggan baru melalui relasi-relasi baru tersebut. Akses tersebut dapat semakin terbuka lebar dengan kamu menjalin relasi dengan orang lain.

2. Tempat belajar dan berkembang

Kenal dan menjalin hubungan dengan berbagai orang juga dapat menjadi salah satu sarana bagi kamu untuk belajar dan berkembang.

Kamu dapat mengobrol santai atau diskusi dengan pelaku usaha lainnya yang mungkin dapat memberikan informasi-informasi baru yang bermanfaat.

Mengikuti acara diskusi atau seminar juga dapat memberikan pengetahuan baru bagi kamu, sehingga kamu dapat terus belajar dan berkembang, terutama dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: 5 Cara Efektif Membangun Networking Bisnis bagi Pengusaha Pemula

3. Membangun reputasi dan merek

Dengan mengikuti acara atau bergabung dengan komunitas, kamu memiliki kesempatan untuk menunjukkan diri melalui keahlian atau keterampilan yang dimiliki, sehingga dapat memengaruhi reputasi positif yang kamu bangun di mata orang lain.

Melalui interaksi positif yang kamu lakukan, kamu dapat membangun sebuah reputasi yang baik dan hal itu dapat berpengaruh pula pada usaha yang kamu jalankan.

4. Sumber dukungan

Jika kamu berhasil menjalin sebuah hubungan yang baik dengan orang lain, terutama sebagai sesama pelaku usaha, kamu berkesempatan juga untuk turut membangun hubungan baik yang suportif satu sama lain.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penghalang Kesuksesan Bisnis

Seperti yang diketahui bahwa perjalanan bisnis yang dilakukan seseorang tidak selalu berjalan mulus dan terkadang mendapat hambatan, sehingga dukungan dari orang lain menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk tetap membangkitkan semangat berbisnis.

Mendapat dukungan dari orang lain dapat menjadi salah satu hal yang membantumu dalam membangun usaha, terlebih ketika kamu menjalankannya seorang diri.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan membangun hubungan yang positif dengan orang lain secara berkala dapat meningkatkan rasa percaya diri yang kamu miliki. Hal ini didorong dengan keinginan untuk mau terus belajar.

Alih-alih minder, kamu sebaiknya meningkatkan kepercayaan diri dengan terus mencari pembelajaran dan mencoba mengembangkan diri lebih baik lagi demi diri sendiri, juga kemajuan bisnis.

Baca juga: 5 Tips Bisa Raih Sukses sebelum Umur 30 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com