Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EIGER Ungkap Bisnis Ramah Lingkungan Terbukti Kurangi Biaya 30 Persen

Kompas.com - 28/03/2024, 17:01 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - EIGER Adventure (EIGER), brand lokal penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang hadir dalam acara Lazada Sustainability Academy Awards 2024 sebagai panelis yang mendukung ekosistem bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, pada Rabu 27 Maret 2024.

EIGER diketahui mulai mengadopsi operasional bisnis yang ramah lingkungan sebagai upaya pengurangan limbah plastik.

Marketing General Manager EIGER, Jason Edward Wuysang mengatakan prinsip berkelanjutan ini merupakan bentuk komitmen mereka untuk turut serta menangani isu permasalahan lingkungan.

"Keberlanjutan adalah salah satu kunci dari strategi bisnis setiap perusahaan yang mau berkembang. Penerapan prinsip keberlanjutan di EIGER menjadi bentuk komitmen EIGER untuk bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan," kata Jason pada Rabu (27/03/2024).

Baca juga: LSA Awards 2024 Apresiasi Bisnis Lokal Berkelanjutan

Salah satu cara EIGER mengoperasikan bisnis berkelanjutan yaitu berkolaborasi dengan Lazada Indonesia, beralih dari penggunaan pelastik menjadi karton tersertifikasi untuk packaging produk. Selain itu mereka juga mengganti bubble wrap dengan honeycomb paper untuk mengurangi limbah logistik.

"Kami menyadari kalau permasalahan limbah pelastik itu sangat besar. Melalui program sustainable ini, sekarang 80 persen pengiriman kami sudah berlaih menggunakan kemasan yang sustain," ucap Jason.

Selain itu, EIGER juga meluncurkan Reuse-Upcycling Collection, yaitu penggunaan sisa material di gudang untuk di desain dan dijual ulang. Dengan begitu stok sisa tidak menjadi limbah yang menumpuk dan bisa diberikan kesempatan kedua untuk dipasarkan kembali dengan wajah yang baru.

Jason juga mengungkapkan bahwa operasional berkelanjutan ini justru mengurangi biaya pengeluaran. Bahkan, dengan packaging yang lebih ramah lingkungan ternyata lebih tahan lama dibandingkan pllastik.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Pangan jadi Industri Ramah Lingkungan

"Justru setelah operasional berkelanjutan ini, cost kami turun 30 persen. Sebelumnya saat kami menggunakan packaging pelastik itu mudah sobek, enggak tahan lama. Apalagi kalau sudah kena air, itu warnanya jadi mudah luntur sementara plastik kami berwarna orange jadi kelihatan sekali. Nah, setelah ganti kemasan dan kolaborasi dengan Lazada justru jadi turun secara costing," lanjut Jason.

EIGER juga memberi dukungan kepada UKM yang tertarik untuk mulai mengadopsi operasional berkelanjutan.

Jason menambahkan, kepada para UKM dapat memulai dengan langkah kecil untuk mendukung ekosistem bisnis ramah lingkungan. Beberapa langkah awal yang dapat dilakukan adalah mulai dari mengganti packaging menjadi bahan yang sustainable.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com