Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tangan Argo dan Vera, 3 Sampah Tak Terpakai ini jadi Cuan

Kompas.com - 23/04/2024, 19:16 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita sering mengira bahwa sampah yang tak terpakai tak akan bisa menjadi apa-apa lagi. Namun ternyata, sampah-sampah itu bisa menjadi suatu barang yang bernilai di tangan Argo dan Vera Tjahyani, sepasang suami istri yang juga menjadi owner bisnis homedecor Volks Arts.

Dengan ilmu 3R (Reduce, Reuse, dan Recyucle), Argo dan Vera telah sukses mengubah sampah-sampah tak terpakai menjadi produk homedecor yang unik dan bernilai seni tinggi.

Mereka menggunakan kreativitas mereka, yaitu seni lukis untuk menjadikan limbah itu menjadi karya kerajinan tangan yang memukau. 

Baca juga: 4 Material Alam yang Bisa Jadi Kerajinan Tangan Bernilai Jual Tinggi

Berikut adalah tiga sampah tak terpakai yang dapat dijadikan produk homedecor oleh Argo dan Vera, yang bisa menginspirasi kamu untuk mengubah sampah menjadi suatu hal yang berguna.

1. Kayu

Jika kamu melihat perusahaan-perusahaan kayu, sering kali mereka menyisakan kayu-kayu yang tak terpakai lagi, yang kemudian hanya menjadi limbah tak terpakai. Argo dan Vera sangat tidak tahan melihat kayu-kayu itu berserakan.

Mereka berdua mengatakan, kayu itu pasti bisa diolah menjadi suatu hal yang bernilai, tidak hanya dibuang seperti itu saja. Maka mereka pun menjadikan kayu itu menjadi bahan-bahan homedecor bisnisnya.

Dengan kayu itu, mereka berhasil menciptakan pajangan dinding, kotak tisu, gantungan kunci, miniatur untuk pajangan rumah, dan masih banyak lagi. Mereka mengolah kayu itu sedemikian rupa, kemudian Vera akan melukisnya untuk menambah keindahan produk.

2. Botol Kaca

Botol kaca bekas minuman atau saus juga bisa dimanfaatkan Argo dan Vera menjadi vas bunga yang estetik. Mereka tinggal membersihkannya botolnya, lalu melukis botol tersebut.

Baca juga: Merintis Bisnis Daur Ulang, Sukriyatun Niamah Ubah Sampah Plastik Jadi Produk Home Decor

3. Koran

Argo dan Vera mengatakan banyak koran lama yang berserakan di rumahnya. Maka ia juga menggunakan koran untuk produk Volks Arts.

Mereka menggunakan koran untuk menambah keindahan pajangan dinding. Jadi mereka menempelkannya sedemikian rupa. Koran dapat mengganti fungsi cat, jadi bisa menghemat cat tanpa membuang-buangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com