Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Owner Steak Tenda Meat Night Club Terapkan Standar Pelayanan Hotel Bintang 5

Kompas.com - 04/04/2024, 12:13 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Masa kerja mungkin ada batas waktunya, tetapi ilmu dan pengalaman akan terus melekat dalam diri seseorang. Itulah mengapa pengalaman dari pekerjaan sebelumnya bisa sangat membantu pekerjaan yang dijalani saat ini.

Demikian pula yang dialami oleh owner Meat Night Club, Antonius Jordivian Wicaksono (29), Andreas Pambudi Sardi (30), dan Mochammad Bagus Karunia Rachman (25) dalam menjalankan bisnisnya.

Awalnya mereka bertiga sama-sama bekerja di hotel bintang lima. Namun, karena terkena dampak pandemi, akhirnya mereka memutuskan untuk membangun bisnis bersama.

Baca juga: Pentingnya Loyalitas Kepada Customer, Terbukti Bikin Semakin Cuan

Di tahun 2022, mereka mendirikan Meat Night Club, steak tenda pertama di Bogor yang berlokasi di Jalan Bangbarung, Kota Bogor.

Pengalaman Jordi, Bagus, dan Andre saat bekerja di hotel bintang lima, kini sangat berguna untuk bisnis yang mereka bangun.

Mereka mengungkap, ada dua ilmu dasar untuk menarik loyalitas pelanggan yang diterapkan di Meat Night Club.

1. Service yang baik untuk loyalitas customer

Hotel bintang lima identik dengan pelayanannya yang mengesankan. Jordi mempelajari hal ini dan menjadikannya standar operasional di Meat Night Club.

Menurutnya, meskipun Meat Night Club adalah steak tendaan, service yang diberikan harus berkesan di hati customer.

Bukan hanya mengandalkan makanan dan promosi yang menarik untuk mendapat pelanggan setia, pelayanan yang baik ternyata juga penting untuk menaikkan loyalitas customer.

"Service itu segalanya. Jadi selain makanan yang enak, konten promosi yang bagus, tapi saat orang datang dan mereka kecewa itu percuma. Saat orang datang di-service dengan baik, kemudian pas makan mereka senang dengan makanannya, itu yang bikin mereka loyal," ujar Jordi kepada Kompas.com, Jumat (29/3/2024).

Customer Meat Night ClubKompas.com - Anagatha Kilan Sashikirana Customer Meat Night Club

Selain itu, pelayanan kecil yang memperhatikan customer juga diterapkan di Meat Night Club.

Kepedulian akan hal-hal sederhana, biasanya akan lebih berkesan di hati pengunjung.

"Kami benar-benar pakai SOP, standar pelayanan juga kami terapkan dari yang ada di hotel. Contohnya di Bogor ini sering banget hujan," kata Jordi.

"Nah, kalau lagi hujan dan ada customer, pasti karyawan kami akan datang untuk membawakan payung. Mungkin experience seperti ini enggak didapatkan di tendaan lainnya," lanjutnya.

Baca juga: Dari Hotel Bintang Lima, 3 Sekawan Ini Beralih Buka Steak Tenda Pertama di Bogor

2. Cara mendidik karyawan

Kalau sebelumnya membahas ilmu dalam kegiatan operasional, jangan lupa bahwa salah satu owner Meat Night Club, Bagus yang juga merupakan Head Chef ini adalah mantan chef hotel bintang lima.

Tentu saja hal ini membuat Meat Night Club memiliki cara mendidik karyawan, layaknya di kitchen standar hotel.

"Banyak ilmu yang aku terapkan sekarang. Bahkan, aku juga ambil pengalaman dari didikan senior-senior aku di hotel untuk mendidik karyawan Meat Night Club," tutur Bagus.

Selain cara mendidik karyawan, Bagus juga mengaplikasikan skills dan pengalamannya selama bekerja di hotel. Banyak resep makanan, cara memasak, dan masih banyak lagi ilmu yang dia dapatkan selama bekerja di tempat sebelumnya.

"Kalau ilmu yang didapat itu banyak banget, khususnya di kitchen itu ada macam-macam teknik seperti jenis potongan dan sebagainya. Ilmu seperti ini sangat berguna untuk menjalankan bisnis FnB," tutup Bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com