Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Loyalitas Kepada Customer, Terbukti Bikin Semakin Cuan

Kompas.com - 15/03/2024, 20:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Loyalitas adalah salah satu hal penting dalam dunia bisnis. Pelanggan setia cenderung terbentuk dari loyalitas perusahaan itu sendiri.

Hal ini terbukti pada brand fesyen Trick & Tricky yang mampu meningkatkan penjualan karena loyalitasnya kepada customers.

Image aku sebagai owner Trick & Tricky ini adalah punya hubungan yang dekat banget dengan customer. Jadi apapun yang mereka minta akan kita dengarkan, dan kita buat produknya,” ungkap Owner Trick & Tricky Hilda Turaiza saat diwawancarai oleh Kompas.com di acara Bronis UMKM, Kamis (14/03/2024).

Bahkan, untuk mempertahankan omzet di koleksi edisi Ramadhan 2024, Hilda menggunakan strategi untuk terus memenuhi permintaan customers.

Baca juga: 4 Tips Memulai Bisnis Fesyen ala Hilda Turaiza, Owner TRICK&TRICKY

Tambah Cuan

Biasanya saat mengeluarkan produk baru Trick & Tricky memproduksi 100 pieces per minggunya.

Namun, jika permintaan customers masih terus bertambah, Hilda akan menambah jumlah stock sehingga semua customer bisa kebagian produk tersebut.

Dengan mendengarkan permintaan customer dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada, Trick & Tricky semakin meningkatkan angka penjualan di Ramadhan 2024

“Jadi kemarin yang edisi lebaran stock-nya sudah habis. Tapi ternyata mereka masih banyak yang antusias, hingga DM ke instagram kalau mereka belum kebagian membeli produk tersebut. Jadi aku stock lagi, bisa cuan karena naikin omzet juga,” jelas Hilda.

Menurut Hilda loyalitas yang ia bangun dengan customer berdampak pada peningkatan penjualan Trick & Tricky.

“Menurut aku kedekatan ini sangat meningkatkan penjualan. Rata-rata customer yang sudah loyal akan lebih banyak membeli. Misalnya satu model baju ada lima warna, itu mereka beli semua warnanya. Menguntungkan juga kita dapat banyak cuan karena memperhatikan mereka, ” jelas Hilda

Berteman dengan customers

Hilda juga mengaku pada awalnya untuk membangun loyalitas dengan customer adalah melakukan pendekatan.

Baca juga: Berawal dari Senang Berfoto, Hilda Sukses Membangun Brand Fesyen

Sejak awal dia tidak masalah mem-posting foto OOTD sendiri di Instagram sehingga customer tahu bahwa Hilda adalah owner dari Trick & Tricky.

Akhirnya para customer mulai menghubungi instagram pribadi Hilda untuk bertanya seputar fesyen.

“Kuncinya kalau ingin mendapatkan customers yang loyal adalah kita bangun kedekatan dengan mereka seperti teman. Jadi mereka menghargai niat baik kita, kalau mereka request bisa kita kabulkan permintaannya,” ucap Hilda.

Hal ini juga dilakukan oleh Hilda untuk mengetahui apa minat customer, model fesyen seperti apa yang mereka inginkan, dan bagaimana tren fesyen yang sedang digandrungi masyarakat.

Itulah mengapa loyalitas sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di industri manapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com