Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memperoleh Review Positif dari Pelanggan untuk Bisnismu

Kompas.com - 25/04/2024, 14:09 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Review dari pelanggan biasanya digunakan untuk mengetahui respons mereka setelah membeli produkmu. Selain untuk mengetahui seberapa puas pelanggan, kamu pun bisa menjadikan review tersebut sebagai bahan evaluasi. 

Meski demikian, ada beberapa bisnis yang sering mendapat komentar negatif bahkan hingga viral di media sosial. Hal ini biasanya dipengaruhi banyak faktor, seperti kualitas produk dan kualitas pelayanan.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui cara mendapatkan review positif dari pelanggan tanpa manipulasi. Kamu bisa simak melalui artikel berikut yang telah dirangkum Kompas.com dari business.com

Baca juga: 4 Tips Penting Hadapi Komentar Negatif Konsumen di Media Sosial

1. Beri Respons pada Review Negatif

Jika kamu sudah memiliki platform review secara online, seperti Google, kamu perlu untuk merespons review negatif dan positif dari pelanggan. Dengan melakukan respons, pelayanan kamu akan dianggap lebih baik karena bersifat terbuka dengan pendapat pelanggan. 

Hal ini berbanding terbalik kalau kamu justru membiarkan review negatif tanpa meresponsnya sama sekali. Pelayanan dari bisnismu akan dinilai tidak mendengarkan opini mereka. Kemudian, kamu akan dinilai seolah-olah membiarkan situasi buruk terjadi. 

2. Bagikan Review Positif dalam Website atau Media Sosial

Kalau kamu mendapatkan review positif dari pelanggan, jangan segan-segan untuk mengunggahnya dalam website atau media sosial. Cara ini juga bisa menjadi ajang promosi bisnismu agar mendapat perhatian dari calon pembeli. 

Baca juga: Pelaku UMKM Wajib Tahu! Ini 3 Manfaat Ulasan dan Rating Positif untuk Bisnis

Selain itu, cara ini juga bisa membuat orang lain tergugah untuk menuliskan pengalaman menyenangkan mereka selama menggunakan produk bisnismu. 

3. Coba Beri Review Positif pada Pelangganmu Terlebih Dahulu

Beberapa orang bisa mendapatkan review positif dengan langkah memberikan penilaian positif pada pelanggan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan review positif, kamu bisa proaktif untuk memberi penilaian positif pada pelanggan.

Salah satu caranya yaitu bisa melalui media sosial. Kamu bisa berkenalan dengan pelanggan tersebut, mengajaknya berbincang, lalu bisa juga mengambil foto bersama. Kemudian, kamu mengunggahnya di media sosial dengan ucapan terima kasih karena mereka telah berkenan datang ke tokomu. 

Baca juga: Owner TRICK&TRICKY Ungkap Pentingnya Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Cara ini akan bisa membuat pelanggan merasa senang karena sikap keramah-tamahan dari karyawan atau kamu sendiri. Mereka pun akan mengingat bisnismu dengan hal-hal yang positif dan selalu ingat pada pelayananmu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com