Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Owner TRICK&TRICKY Ungkap Pentingnya Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Kompas.com - 15/03/2024, 17:42 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua pemilik usaha ingin menunjukkan diri mereka di hadapan publik, bahkan di depan konsumennya sendiri.

Beberapa tidak ingin identitasnya diketahui sebagai owner, mereka memilih bekerja di balik layar.

Namun, berbeda dengan Hilda Turaiza, pemilik bisnis fesyen TRICK & TRICKY. Ia justru memilih membuka diri hingga bisa  membangun kedekatan dengan para konsumennya. 

Dalam acara Bronis UMKM Kompas.com pada Kamis (14/3/2024), Hilda menceritakan proses membangun kedekatannya dengan para pelanggannya. 

Baca juga: 7 Ide Bisnis Fesyen Muslim di Bulan Ramadan, Bakal Laris Manis

Bermula dari foto-foto Hilda yang sering muncul di akun Instragam TRICK&TRICKY, rupanya menarik perhatian konsumen dan membuat mereka penasaran.

"Jadi awalnya foto aku sering muncul di akun Instagramnya TRICK&TRICKY. Terus mereka penasaran, 'Ini siapa sih kok fotonya sering nangkring di akunnya TRICK&TRICKY?' Lalu mereka sadar kalau itu owner-nya," tutur Hilda. 

Setelah itu, beberapa akun Instagram pelanggan mulai follow akun Instagram pribadi Hilda. 

Mereka juga sering memberi komentar dan bertanya pada Hilda terkait produk TRICK&TRICKY. Hal ini membuat Hilda merasa dekat seperti teman dengan para konsumennya.

Dari pengalaman tersebut, menurut Hilda penting bagi pelaku bisnis fesyen untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa mendapatkan feedback dan memahami kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Berawal dari Senang Berfoto, Hilda Sukses Membangun Brand Fesyen

"Aku pernah ada follower yang request, 'Mbak, buat baju kayak gini dong.' Gitu contohnya. Jadi benar-benar bisa seperti teman," ujar perempuan yang memulai bisnisnya sejak tahun 2014. 

"Itu juga membuat aku bisa tahu, mereka ingin model baju yang seperti apa. Jadi ya lebih terbuka mendengarkan mereka," lanjutnya. 

Selain itu, adanya kedekatan dengan konsumen membuat mereka merasa diperhatikan dan tentu juga berdampak positif pada angka penjualan.

"Kedekatan kita dengan konsumen, akan membuat mereka merasa diperhatikan. Apalagi kalau pelanggan loyal, mereka bisa tuh beli semua yang disukai. Misal, satu model baju ada lima warna, mereka beli kelimanya. Kan cuan banget itum" pungkas Hilda.

Baca juga: 4 Tips Memulai Bisnis Fesyen ala Hilda Turaiza, Owner TRICK&TRICKY

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com