Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Dicoba di Desa

Kompas.com - 20/02/2024, 14:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika Anda jenuh dengan dunia perkotaan dan hendak kembali ke desa, mungkin Anda sempat berpikiran untuk membuka usaha rumahan. Ada beragam pilihan ide bisnis rumahan di desa yang bisa Anda coba.

Dilansir dari beritausaha.com, berikut beberapa ide bisnis rumahan yang dapat Anda coba ketika kembali ke desa nanti.

1. Menjual Komoditas Hasil Ternak

Apabila di desa Anda terdapat berbagai macam ternak seperti sapi, kambing, kerbau, dan ayam, Anda dapat membuka usaha dengan memanfaatkan hasil ternak. Misalnya memproduksi susu sapi, susu kambing, telur, yoghurt, dan daging.

2. Pupuk dan Pestisida Organik

Limbah pertanian dan peternakan yang ada di desa, dapat dimanfaatkan sebagai bisnis pupuk dan pestisida organik. Pupuk dan pestisida organik nantinya akan dibutuhkan oleh petani-petani sekitar desa.

Baca juga: Manfaatkan Potensi Desa, Kades di Sulsel Ini Berhasil Jual 500 Kg Gula Aren Sebulan

3. Budidaya Tanaman Hias

Lahan di desa yang terkenal subur dapat dimanfaatkan untuk melakukan budidaya tanaman hias. Akan tetapi, tanaman hias yang akan dibudidayakan juga harus disesuaikan dengan iklim di desa agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

4. Makanan Olahan

Hasil dari lahan pertanian dan kebun di desa juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam makanan olahan. Seperti keripik, asinan, dan manisan. Produk makanan olahan nantinya dapat dijual secara langsung atau melalui aplikasi belanja online.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com