Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Entrepreneurs Society Fasilitasi Pelaku Usaha Kembangkan Bisnis

Kompas.com - 28/02/2024, 08:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bergabung dengan komunitas bisnis bisa memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha. Selain membangun jaringan koneksi yang lebih luas, kamu juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan peluang baru dalam dunia bisnis.

Di Indonesia ada banyak komunitas bisnis, salah satunya The Entrepreneurs Society yang dibangun oleh Klemens Rahardja.

The Entrepreneurs Soiciety adalah komunitas pengusaha muda yang memiliki visi mempersatukan Indonesia tanpa diskriminasi, menyejahterakan rakyatnya melalui pengembangan ilmu, edukasi, inspirasi dan peluang dalam dunia kewirausahaan.

Landasan Klemens menjadi founder dari komunitas ini berawal dari perjalanannya merantau ke Melbourne, Australia. Setelah pulang kembali ke Indonesia, Klemens ingin berkontribusi membangun Tanah Air.

Saat itu dia melihat belum ada komunitas pengusaha, kalaupun ada sayangnya bersifat politik. Maka dari itu, Klemens tergerak untuk membangun komunitas bisnis sendiri.

Baca juga: Simak 8 Tips Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bisnis

“Saat kembali, saya butuh komunitas yang vibrasinya positif dan saling mendukung satu sama lain. Pengusaha butuh network yang luas. Itulah mengapa saya bangun The Entrepreneurs Society” papar Klemens pada saat diwawancarai oleh Kompas.com di acara IFBC EXPO 2024, Jumat (23/02/2024).

Saat merintis komunitas ini, Klemens mengajak sejumlah teman. Tujuan utamanya agar mereka punya kelompok yang sama-sama mau berkembang.

Semakin lama komunitas ini semakin besar. Saat ini tercatat sebanyak 2000 anggota di seluruh Indonesia telah bergabung dengan The Entrepreneurs Society.

Bisa Bantu Bisnis Berkembang 

Menurut Klemens, membangun sebuah komunitas memiliki tantangan tersendiri. Terlebih lagi, anggota yang bergabung memiliki kategori dan segmentasi bisnis yang berbeda-beda

"Nggak mudah mempersatukan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Tapi dengan satu visi misi yang sama kita bisa berkembang jauh lebih besar lagi,” ungkap Klemens.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Pebisnis Bergabung dengan Komunitas

Dia menyebut ada manfaat yang bisa dirasakan pebisnis saat bergabung dengan The Entrepreneurs Society yakni mendapat ilmu dari praktisi bisnis dengan kurikulum dasar yang lengkap. selanjutnya, bisa memperluas akses networking untuk membina kolaborasi dan saling membantu marketing satu sama lain.

“Harapannya semakin banyak orang yang bergabung dan turut serta membangun komunitas. Kedepannya kita ingin membangun yayasan untuk menaungi anak anak berpotensi yang bisa memberikan dampak lebih besar untuk Indonesia” tutup Klemens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com