Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inabuyer B2B2G Expo Akan Digelar di Smesco pada 15-17 Mei

Kompas.com - 06/03/2024, 07:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Inabuyer B2B2G Expo 2024 akan diselenggarakan pada 15-17 Mei 2024 di Gedung Smesco, Jakarta. Ada dua program tambahan di Inabuyer B2B2G 2024 yaitu Live Commerce yang bekerja sama dengan e-commerce dan Inabuyer Award.

Selain dua program baru itu, business matching, showcase produk unggulan, diskusi panel, serta talkshow atau workshop tetap dijalankan. Menjadi hal yang baru juga, Inabuyer B2B2G Expo 2024 akan mengundang buyer luar negeri, yaitu dari Singapura dan Malaysia.

“Inabuyer B2B2G merupakan ajang tahunan bersama Kemenkop UKM dan LKPP, di mana kami mempertemukan para buyer dengan supplier. Kami juga membantu Kemkop UKM untuk mengembalikan Gedung SMESCO sebagai pusat event B2B2G,” ungkap Budiharjo Iduansah, selaku Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), di Jakarta (05/03/2024).

Dengan diadakannya Inabuyer Expo 2024 diharapkan juga akan menjadi landasan bagi pergerakan penggunaan produk dalam negeri, yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), dan juga meningkatkan partisipasi dalam kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

“Kami mengajak para supplier dan produsen untuk menunjukkan samplenya di acara ini agar terdorongnya juga Gerakan ‘Beli Buatan Indonesia’ serta membuka peluang joint venture, hingga ekspor bagi produk-produk lokal yang dipamerkan,” tambah Budi.

Penyelenggaraan pertama kali, Inabuyer B2B2G Expo 2023, dianggap berhasil menjadi ajang strategis bagi pelaku bisnis untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi, yang mana menghasilkan nilai potensi kerjasama hingga lebih dari satu triliun rupiah. Melihat kesuksesan itu, semua pihak terlibat sepakat untuk menghadirkan kembali Inabuyer B2B2G Expo tahun ini dan menjadikannya ajang tahunan.

Baca juga: INABUYER 2023 Catat Potensi Kerjasama Rp1 Triliun dengan Koperasi dan UMKM

Hanung Harimba Rachman, selaku Deputi Bidang usaha Kecil Menengah Kemenkop UKM sangat berharap agar acara ini dapat memberikan kesempatan bagi para pelaku UKM untuk bertemu buyer, mendapatkan order, serta terjalinnya kerja sama yang berkelanjutan.

“Kami tidak hanya fokus kepada jalannya event, tetapi fokus pada pembangunan ekosistemnya, networking, dan sistem-sistem bisnisnya,” kata Hanung.

Baca juga: Perkuat Rantai Pasok, KemenKopUKM dan Hippindo Gelar INABUYER EXPO

Untuk informasi lanjut seputar Inabuyer B2B2G Expo 2024 dan informasi pendaftaran exhibitor ataupun visitor, Anda dapat mengunjungi tautan bit.ly/INABUYER2024 atau mengunjungi media sosial Instagram Inabuyer, yaitu @Inabuyercom.

Inabuyer B2B2G Expo adalah acara yang menghubungkan buyer dari kementerian, lembaga, BUMN, swasta, luar negeri dengan supplier baik UKM, produsen, dan brand lokal dari berbagai industri.

Acara tersebut didiukung oleh Kementrian Koperasi dan UKM, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Smesco dan diinisiasi oleh Spectindo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com