Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Kanemura Berhasil Full Booked Selama Ramadhan

Kompas.com - 24/03/2024, 09:16 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama bulan Ramadan, tempat makan akan ramai diserbu pengunjung saat memasuki waktu berbuka. Terlebih lagi momen buka puasa bersama (bukber) hanya bisa dilakukan setahun sekali saja yaitu saat Ramadhan.

Beberapa tempat makan yang ramai pengunjung biasanya menerapkan sistem Booking atau Waiting List karena jumlah meja yang sudah terisi penuh. Begitupun Kanemura Japanese Food, salah satu kedai FnB di Jalan Kumbang Kota Bogor yang padat pengunjung di bulan Ramadhan. Bahkan bukan sebatas Waiting List lagi, tapi Kanemura sudah Full Booked selama bulan Ramadhan.

"Di bulan Ramadan ini selama dua minggu kedepan kami juga sudah full booked, bahkan menjelang Lebaran pun sudah ada yang booking, padahal itu masih terbilang cukup lama ya. Jadi kalau hari biasa bisa saja datang langsung, tapi karena ini sedang Ramadhan kami sarankan reservasi karena takutnya enggak dapat kursi," Ungkap owner Kanemura Japanese Food Adrian Wirahadi Kusuma (26) saat diwawancarai oleh Kompas.com pada Kamis (21/03/2024).

Baca juga: Buka Restoran Jepang, Adrian Kombinasikan Japanese dan Indonesian Food

Berkolaborasi dengan Kafe

Tahun ini Adrian memanfaatkan momen Ramadhan untuk menjalin kerja sama dengan bisnis FnB lain yaitu Semula Kopi.

Bentuk kerja sama yang dilakukan oleh keduanya adalah sistem bundling. Pasalnya, mereka membuat promo spesial Ramadan untuk menu berbuka puasa. Berhubung Kanemura menjual makanan dan Semula Kopi menjual minuman, maka mereka menggabungkan keduanya menjadi satu paket pembelian.

"Kami memang ada paket buka bersama, yaitu paket 'KaMu' artinya Kanemura dan Semula. Jadi kami bundling, makanannya berasal dari Kanemura dan minumannya dari Semula Kopi," jelas Adrian.

Kebetulan, kios Semula Kopi memang berada di depan Kanemura Japanese Food. Selain memudahkan distribusi paket bundling tersebut, Adrian merasa sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan bisnis sekitar. Bahkan menurutnya, kegiatan saling mendukung ini dapat meningkatkan branding satu sama lain.

" Memilih Semula Kopi karena memang kita satu lingkungan. Jadi kami adakan kerja sama dengan toko sebelah. Sangat penting untuk saling support, istilahnya kami bisa saling menaikkan branding juga," kata pebisnis muda asal Bogor itu.

Menyesuaikan Menu Promosi

Seperti yang sudah diketahui bahwa Kanemura Japanese Food dan Semula Kopi menyediakan paket spesial Ramadhan. Uniknya, paket ini disajikan dalam porsi besar yaitu untuk 4 orang sekaligus.

Bukan tanpa sengaja, Adrian membuat strategi ini karena menyesuaikan dengan tata letak restonya. Susunan meja di Kanemura kebanyakan berjumlah 4 kursi. Oleh karena itu Adrian memiliki ide untuk membuat paket bukber Ramadhan yang bisa dikonsumsi oleh 4 orang di dalam satu meja.

"Paket buka bersama ini kami khususkan untuk porsi 4 orang. Karena tata letak di sini buat berempat tiap mejanya, jadi kami mengarahkan pesan paket ini untuk bukber," ucap Adrian.

Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Naikkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Kanemura dan Semula Kopi membuat 3 paket bundling untuk Ramadhan tahun ini. Mulai dari paket yang berisi chicken katsu dan ebi furai, paket donburi rice bowl, hingga paket ramen. Ketiganya sudah termasuk minuman dari Semula Kopi, ada lemon tea dan ocha tea. Semua paket ini disajikan dalam bentuk 4 porsi dengan harga mulai dari Rp 120.000 dan sudah gratis takjil.

Melalui menu paket buka bersama KaMu tenyata mengundang banyak pengunjung. Selain harganya yang murah, paket seperti ini bisa membuat momen buka bersama menjadi lebih dekat karena makanan yang disajikan memang untuk dikonsumsi bersama-sama. Tidak heran jika selama bulan Ramadhan Kanemura Japanese Food sudah padat Full Booked.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com