Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Strategi Marketing untuk Naikkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 16/03/2023, 16:06 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Harga yang tinggi bisa tetap menjamin produk kita laris asalkan kita menerapkan kiat-kiat yang tepat.Freepik/kroshka__nastya Harga yang tinggi bisa tetap menjamin produk kita laris asalkan kita menerapkan kiat-kiat yang tepat.
KOMPAS.com – Tak terasa kita akan menyambut bulan puasa di tahun 2023 dalam hitungan hari.

Bagi kamu para pelaku bisnis, kesempatan ini dapat menjadi momen spesial untuk meningkatkan penjualan bisnis yang kamu miliki.

Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, saat bulan Ramadhan kamu perlu memikirkan strategi marketing yang cukup berbeda, dikarenakan perubahan aktivitas orang-orang yang cenderung lebih memilih untuk beraktivitas di dalam ruangan.

Baca juga: Ramadhan Sebulan Lagi, Ini Ide Bisnis Takjil yang Bisa Dipersiapkan

Berikut ini beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan selama bulan Ramadhan, seperti dikutip dari accurate.id.

1. Siapkan produk dan paket spesial bulan Ramadhan

Produk spesial untuk momen spesial selalu jadi strategi marketing yang menarik. Tak terbatas pada apapun produk yang kamu miliki dalam berbisnis, kamu dapat menjual produk spesial yang memang hanya dijual pada saat Ramadhan.

Kamu dapat meluncurkan desain baru pada produk yang telah ada atau kamu juga dapat membuat produk baru edisi bulan Ramadhan.

Tak hanya itu, kamu juga dapat membuat paket spesial dari beberapa produk yang kamu tawarkan, sebagai contoh dalam industri kuliner, kamu dapat menyediakan paket spesial berbuka yang isinya terdiri dari nasi beserta lauknya, es pisang ijo, bakwan goreng, dan air mineral.

Bukan hanya untuk industri kuliner, strategi ini juga bisa diterapkan di industri bisnis lainnya, seperti fesyen.

2. Siapkan delivery service

Jika kamu memiliki toko yang biasa didatangi oleh pembeli, ada baiknya kamu menyediakan delivery service di bulan Ramadhan ini.

Pasalnya, pembeli cenderung malas keluar rumah ketika cuaca sedang panas-panasnya saat bulan Ramadhan, sehingga hal ini dapat menjadi kemudahan tersendiri bagi para pembeli.

Dengan menyediakan delivery service kamu juga dapat menjangkau calon pembeli secara lebih luas. Namun, jangan lupa juga untuk menetapkankan tambahan biaya kirim jika menggunakan delivery service ini.

Sebagai tambahan lainnya, kamu juga dapat memberikan potongan biaya kirim atau bahkan free delivery service bagi pembeli yang melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Baca juga: 6 Cara Dongkrak Penjualan Selama Bulan Ramadhan, Omzet Auto Naik!

3. Tawarkan diskon atau promo khusus bulan Ramadhan

Siapa yang tidak suka diskon atau promo? Kebanyakan pembeli, apalagi perempuan pasti sangat menyukai hal ini.

Dengan memberikan penawaran yang menarik, kamu dapat menggaet lebih banyak pembeli.

Kamu dapat melakukan strategi ini secara bergantian setiap minggunya, sebagai contoh di minggu pertama kamu memberikan diskon untuk pembelian produk atau paket tertentu, kemudian di minggu kedua kamu bisa memberikan promo buy 2 get 1 free.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com