Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah! Ini Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Kompas.com - 26/03/2024, 19:40 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber Gramedia

KOMPAS.com - Wirausaha dan wiraswasta memang terdengar mirip. Bahkan beberapa orang masih mengira bahwa keduanya memiliki arti yang sama. Padahal, wirausaha dan wiraswasta memiliki definisi yang berbeda.

Wirausaha adalah seseorang yang terampil dalam mengelola dan mengembangkan usaha, biasanya wirausaha bisa menjalani beberapa jenis bisnis. Sementara itu, wiraswasta merupakan karakter atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, mereka peka untuk menyadari peluang usaha.

Dengan demikian secara fokus bidangnya, wirausaha mungkin saja menjalankan berbagai bidang bisnis sementara wiraswasta lebih fokus pada satu bidang bisnis. Lebih jelasnya, berikut adalah perbedaan wirausaha dan wiraswasta, dilansir dari gramedia.com

Baca juga: Simak Cara Pemuda Ini Bangun Semangat Wiraswasta sambil Sekolah

1. Ruang lingkup bisnis

Wirausaha selalu memperluas ruang lingkup bisnisnya. Sebisa mungkin wirausaha akan mencari cara bagimana mendapat keuntungan yang lebih besar melalu pengembangan bisnisnya.

Misalnya seorang pebisnis yang mempunyai bisnis jasa foto, dia mengembangkan bisnisnya dengan membuat studio foto. Dengan begitu customernya bisa double payment untuk foto dan sewa studio.

Sementara seorang wiraswasta biasanya saat sudah menemukan satu peluang usaha, mereka akan fokus untuk menggeluti bisnis tersebut.

Misalnya seorang wiraswasta di jasa foto akan lebih fokus untuk meningkatkan skill fotografinya dibandingkan membuka cabang bisnis baru.

2. Mengelola bisnis

Wirausaha menjalankan bisnisnya dengan full time. Artinya dia memang meluangkan seluruh waktu yang ia punya untuk mengurus bisnisnya. Selain itu, wiraswasta tidak memiliki keterlibatan lain di luar bisnis.

Sementara wirausaha biasanya tidak menggunakan seluruh waktunya untuk berbisnis. Mungkin saja ia menjalankan bisnis tersebut sebagai sampingan karena ingin memanfaatkan peluang yang ada.

Baca juga: Ini Cara Menjadi Wirausaha yang Sesuai dengan Passion

3. Pengembangan bisnis

Wirausaha dalam mengelola bisnis biasanya juga terus mencari inovasi baru dan berusaha untuk melakukan pembaharuan dengan teknologi. Persaingan dalam bisnis membuat wirausaha memunculkan terus produk terbaru yang membuatnya berbeda dengan pesaing bisnis.

Sementara itu, seorang wiraswasta cenderung fleksibel mengikuti inovasi yang ada untuk dijadikan peluang bisnis. Mereka dapat dibilang lebih santai dan tidak terpaku untuk terus memperbaharui bisnisnya. Wiraswasta mampu memanfaatkan peluang bisnis yang ada di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com