Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai Bisnis Ala Owner Fesyen Yulis Manevia

Kompas.com - 01/04/2024, 11:26 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak orang yang telah memulai bisnis, tetapi tidak semua dari mereka sukses. Namun jangan berkecil hati, ada sejumlah tips yang sekiranya bisa dicoba agar bisnis yang dijalankan bisa gapai kesuksesan.

Seperti yang dilakukan Yulis Manevia, 33 tahun, yang merupakan seorang owner bisnis fesyen muslim dengan brand Bening Jaya. Dia memiliki beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Berikut adalah beberapa tips dari Yulis Manevia untuk pemula yang ingin memulai bisnis fesyen muslim:

1. Mulailah dari Bakat

Yang Nevia maksud dari poin ini adalah mulailah bisnis dari sesuatu yang Anda suka. Sebagai contoh, Nevia sangat menyukai kegiatan berpakaian, ia suka memadukan pakaian yang satu dengan yang lain.

Cara Nevia berpakaian sering dipuji oleh temannya. Mereka juga sering bertanya ke Nevia tempat membeli bajunya. Dari situlah, Nevia memandang fesyen adalah bakatnya.

Jadi ia memulai bisnis dengan fesyen. Keluarga Nevia pun memang sudah terjun di dunia bisnis. Nevia juga merasa bahwa bakat berdagangnya diturunkan dari keluarganya.

2. Cintai Pekerjaan Anda

Pada dasarnya segala sesuatu memang harus didasarkan pada kesukaan atau kecintaan. Menjadi owner dalam bisnis Anda sendiri berarti Anda terlibat dalam segala hal.

Anda melakukan penjualan, pemasaran, manajemen, dan lain sebagainya. Jika Anda tak mencintai pekerjaan itu, maka Anda tidak bisa mengharapkan kesuksesan dalam bisnis Anda.

Nevia memberikan saran agar Anda mencintai pekerjaan Anda terlebih dahulu agar dapat melakukannya dengan Ikhlas. Mencintai pekerjaan akan membuat Anda lebih menikmatinya dan menganggap bahwa Anda hanya melakukan hobi setiap harinya.

Baca juga: 5 Sifat yang Harus Anda Punya Sebelum Memulai Bisnis

3. Jalani Setiap Proses Binsis

Proses bisnis harus Anda jalani. Tidak selalu bisnis ada pada masa Sukanya, tetapi ada juga saat dukanya.

Anda harus menghadapi semua rintangan bisnis itu. Jika ada kendala atau kesulitan, maka carilah solusinya. Tidak ada kesuksesan bisnis yang instan, semuanya melewati proses yang berlika-liku.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com