Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Copywriting Untuk Pemasaran Digital, Sudah Tahu?

Kompas.com - 29/04/2024, 17:30 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 KOMPAS.com - Di era digital seperti saat ini, pemasaran digital melalui media sosial ataupun website tentunya sudah tidak asing lagi. Banyak pelaku usaha yang mempromosikan produk melalui tulisan-tulisan di platform online.

Tapi tahukah kamu, dalam pemasaran digital selain gambar produk yang menarik, ternyata tulisan pendukung salah satu kunci utama yang bisa menaikkan minat pembeli. Saat ini, kita mengenalnya dengan copywriting.

Berikut ini adalah alasan mengapa kamu perlu menggunakan copywriting yang tepat dalam berbisnis, seperti yang dilansir dari Gramedia.com,

Meningkatkan Daya Beli

Copywriting adalah tulisan iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu, meningkatkan awareness pembaca dan membuat mereka tertarik terhadap brand tersebut. Biasanya, copywriting ditulis oleh seorang copywriter.

Baca juga: 5 Langkah Jitu Pemasaran Bisnis dengan Media Sosial

Copywriting berisi informasi seputar produk, keunggulannya, informasi promosi, cara berlangganan, hingga ajakan. Copywriting dapat dikemas berupa artikel, katalog, situs web, hingga caption media sosial.

Informasi-informasi yang dicantumkan di dalam copywriting tersebut tentunya akan meningkatkan daya beli karena pembaca dapat tergerak melalui tulisan copywriter yang persuasif.

Memperkuat Citra Perusahaan

Kemampuan seorang copywriter yang membuat copywriting tentu bisa meningkatkan citra positif perusahaan. Itulah sebabnya perlu ada kemahiran mengolah kata dalam copywriting.

Tulisan membangun seputar produk dan perusahaan juga bisa meningkatkan rasa kepercayaan konsumen. Selain itu, perusahaan bisa memperkuat identitasnya melalui copywriting.

Selain itu, copywriter menulis copywriting setelah mempelajari dan riset menganai produk, layanan, atau perusahaan yang akan ditulis.

Berdasarkan pendalaman materi tersebut, maka tulisan copywriting dapat lebih detail menegaskan citra perusahaan tersebut.

Mudah Memasuki Segmentasi Pasar

Copywriting perlu ditulis dengan kalimat yang mudah dipahami. Mulai dari headline dan lead tulisan yang menarik, informasi yang lengkap seputar produk, pemilihan kata yang tidak bertele-tele, dan bersifat mengajak pembaca untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.

Baca juga: Ini Tips Membuat Caption di Medsos agar Menarik Calon Pembeli

Dalam pemasaran digital, copywriting juga perlu disesuaikan dengan segmentasi pasar. Tentunya ada perbedaan eksekusi antara copywriting di media sosial, copywriting di artikel, dan yang lainnya.

Misalnya untuk copywriting caption di media sosial, perlu ditulis dengan hemat agar tulisan tidak terlalu panjang dan langsung ke intinya.

Selain itu, jika target audiens merupakan Gen Z atau milenial, dapat pula menggunakan bahasa yang lebih kekinian agar masuk dengan karakteristik mereka.

Dapat disimpulkan, saat ini copywriting memiliki peran penting dalam pemasaran. Karena copywriting adalah cara untuk promosi, menarik, mengajak, dan meyakinkan konsumen agar menggunakan produk atau layanan suatu bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com