Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Cari Ide Bisnis? Ini Teknik Brainstorming yang Bisa Kamu Coba

Kompas.com - 30/04/2024, 14:12 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemampuan brainstorming diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan, termasuk para pebisnis atau pengusaha. Brainstorming dapat dilakukan ketika akan mencari inovasi produk, strategi promosi, dan lainnya.

Namun, tidak semua brainstorming menemui ujungnya. Ada yang masih kebingungan dan tidak tahu harus memutuskan langkah selanjutnya. Hal ini bisa jadi karena cara brainstorming yang kurang tepat.

Melalui artikel ini, kamu bisa menemukan cara brainstorming yang tepat dalam berbisnis. Kompas.com telah merangkumnya dari thebalancemoney.com.

Baca juga: Berminat Gabung ke Solo Art Market? Ini Tiga Ide Barang yang Bisa Dijual

Mulai dari Suatu Pertanyaan

Supaya kamu bisa menemukan hal yang ingin dicapai ketika brainstorming, kamu perlu suatu pertanyaan. Cara ini digunakan sebagai pemantik brainstorming agar tujuannya jelas. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Contohnya, "Bisnis seperti apa yang fleksibel dalam pemantauannya?" atau "produk apa yang paling disukai oleh konsumen atau klien?"

Buat Mind Map

Beberapa dari kamu mungkin merasakan isi kepala yang penuh saat brainstorming. Rasanya seperti banyak ide-ide dan pertanyaan yang tidak bisa diutarakan. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan mind map.

Baca juga: Strategi Owner Stellar Coronae Memperkaya Ide Produk Bisnis Kerajinan

Kamu bisa memulai dengan alat tulis seperti kertas dan pulpen. Lalu tulis suatu kata atau pertanyaan di tengah kertas tersebut. Kemudian mulailah untuk menarik garis dari kata tersebut dan tambahkan kata-kata yang berhubungan dengan kata di tengah. 

Buat Word Map

Jika kamu kebingungan mencari nama untuk brand bisnismu, kamu bisa coba membuat word map. Artinya, kamu mengumpulkan berbagai kata yang berhubungan dengan identitas bisnis.

Setelah menemukan banyak kata kunci, kamu pun bisa memilih beberapa kata yang sesuai dengan identitas bisnismu. Lalu rangkailah kata-kata tersebut menjadi nama brand yang unik. 

Baca juga: 4 Ide Bisnis dari Rumah yang Bisa Menghasilkan Cuan

Gunakan Analisis SWOT

Nah, kalau kamu juga menemui jalan buntu saat memutuskan sesuatu, bisa gunakan analisis SWOT. Kamu bisa menulis kelebihan, kekurangan, tantangan, dan ancaman dari keputusan yang kamu buat.

Misalnya jika kamu ingin membuka cabang baru di lokasi tertentu, teknik promosi baru, atau bahkan inovasi produk yang akan diluncurkan.

Dengan cara ini, kamu bisa paham risiko-risiko yang akan kamu alami ketika mengambil keputusan. Mungkin kamu juga bisa menemukan alternatif lain ketika risikonya terlalu berat untuk kamu lalui.

Baca juga: 4 Langkah Mengubah Ide Menjadi Bisnis Sukses

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com