Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berminat Gabung ke Solo Art Market? Ini Tiga Ide Barang yang Bisa Dijual

Kompas.com - 16/04/2024, 07:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya, para seniman dan pembuat kerajinan bertemu dalam kegiatan Solo Art Market. Banyak hasil karya kerajinan dan lukisan yang dipasarkan dalam kegiatan tersebut. 

Pada hari Minggu (14/4/2024), pengunjung Solo Art Market memadati Selasar Ngarsopuro, Surakarta, Jawa Tengah. Mereka antusias mendatangi stan para seniman dan pengrajin untuk melihat-lihat atau membeli hasil karya mereka. 

Di Solo Art Market, tidak hanya menawarkan berbagai produk unik hasil karya para seniman, tetapi juga workshop bersama para seniman tersebut. Ada pula workshop melukis dan membuat keramik. 

Baca juga: Kisah Puji Sastro, Kembangkan Bisnis Perhiasan Kontemporer asal Bali

Untuk kamu yang tertarik menjual produk kerajinan di Solo Art Market, bisa mencoba jual produk-produk berikut ini.

1. Aksesoris

Kamu bisa menjual berbagai aksesoris yang terbuat dari kerajinan tangan, misalnya gelang yang terbuat dari kerajinan resin, rajut, atau anyaman tali. Tidak hanya gelang, kamu bisa membuat kalung, gantungan ponsel, cincin, dan anting-anting. 

Di Solo Art Market, kamu bisa menjual aksesoris mulai dari harga belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Pastikan harga yang kamu tawarkan terjangkau dan memperhatikan kualitas. 

Baca juga: Kisah Hiba, Rintis Usaha Aksesoris dari Batu Kristal Bermodal Rp 300.000

2. Pakaian Ecoprint 

Ecoprint adalah hasil karya kreatif yang menggunakan bahan-bahan dedaunan lalu dicetak menjadi produk bernilai guna. Kamu bisa memanfaatkan kreativitas ini untuk berbisnis di Solo Art Market.

Untuk kamu yang memiliki bisnis ecoprint, kamu bisa menawarkan produk milikmu di kegiatan Solo Art Market. Produk ecoprint milikmu bisa dibuat menjadi pakaian, topi, atau tas. Gunakan perpaduan warna yang menarik agar pengunjung tertarik dengan produkmu.

3. Art Print

Para pelukis yang produktif untuk menghasilkan berbagai karya, Solo Art Market bisa menjadi peluang bisnis untuk kamu. Di sana, kamu bisa menjual hasil lukisanmu, baik lukisan di atas kertas kecil atau dibuat dalam bentuk stiker. 

Baca juga: 3 Kerajinan Resin yang Bisa Kamu Jual dan Hasilkan Cuan

Ide lukisan yang bisa dijual juga bermacam-macam. Kamu bisa melukis pemandangan, tempat-tempat terkenal di Indonesia, atau lukisan dari tokoh animasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com