Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide dan Inspirasi Desain Trisada untuk Bisnis Tangankoe

Kompas.com - 15/04/2024, 08:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Cocos Trisada merupakan pemilik dari Tangankoe, sebuah bisnis alas kaki berupa sepatu dan sendal. Ia berhasil menciptakan desain yang berbeda dan unik dari produk sejenis.

Sepatu dan sendal dia ciptakan dari bahan-bahan alami seperti eceng gondok, kulit kayu, daun pandan, palem, dan masih banyak lagi.

Bagi Trisada, menciptakan desain harus menarik dan juga bermakna agar mempunyai nilai produk yang tinggi.

Baca juga: Manfaat Penting Desain Produk untuk Bisnis Anda

Lantas, apa yang bisa Anda lakukan sehingga bisa melakukan inovasi desain sebagaimana yang dilakukan Cocos Trisada?

1. Media Sosial

Mendapatkan ide desain dari media sosial dapat menjadi langkah yang cerdas bagi para desainer, mau itu bisnis baju ataupun alas kaki. Trisada juga mengaku ia mendapatkan ide dan inspirasi banyak dari media sosial.

Dari situ, mereka dapat melihat tren terbaru dalam desain sepatu dan sendal, serta mendapatkan inspirasi dari karya-karya desainer yang telah terkenal. Desain yang menjadi best seller dan terbaik dari Tangankoe adalah sandal bohemian.

Saat dirilis, bohemian sedang menjadi tren fashion. Maka media sosial merupakan platform yang relevan untuk mencari ide desain.

2. Literasi-literasi Luar

Membaca literasi-literasi luar negeri akan menambah pengetahuan para desainer agar semakin kreatif. Mereka bisa mendapatkan perspektif baru tentang sebuah desain.

Fashion alas kaki seperti sepatu dan sendal tidak terbatas hanya di Indonesia. Bahkan kebanyakan orang menyukai model luar negeri.

Maka penting untuk membaca literasi dari luar negeri. Contohnya adalah dengan melihat karya-karya desainer terkenal luar atau gaya-gaya klasik dalam sejarah luar, Trisada bisa mendapatkan inspirasi untuk menciptakan desain-desain yang unik dan tetap trendy.

Baca juga: Ide Bisnis Fashion Korean Style yang Bisa Hasilkan Cuan

3. Membuat Desain Baru

Selain mencari ide, inspirasi, dan referensi desain dari media sosial dan literasi luar negeri, Trisada tidak selalu terpaku pada kedua hal itu.

Trisada akan membuat desain baru yang belum pernah ada dan belum pernah dibuat orang. Hal ini akan menambah keunikan dalam produk-produk Tangankoe, karena desainnya bersifat limited edition.

Trisada mengaku memiliki pengalaman atau backgorund dalam desain alas kaki. Maka dari itu, ia bisa mendapatkan desain baru yang belum ada dimanapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com