Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Penting Desain Produk untuk Bisnis Anda

Kompas.com - 03/03/2024, 14:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Ketika membuat sebuah produk, tak hanya kualitas isi saja yang penting untuk diperhatikan tetapi juga desain produk tersebut. Hal ini karena desain produk merupakan sebuah gambaran secara umum dari suatu produk.

Di bidang pemasaran, desain produk punya fungsi dan manfaat yang bisa dibilang cukup penting. Terutama untuk membuat produk tampak mengesankan dan hebat sehingga mampu membuat calon konsumen tertarik dengan produk tersebut.

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa manfaat penting dari desain produk, antara lain:

1. Meningkatkan Kepuasaan Konsumen

Manfaat pertama dari desain produk adalah membuat konsumen merasa puas dengan produk yang dibelinya. Alasannya, karena dari desain yang berkualitas dan menarik dianggap mampu mencerminkan mutu dan kualitas dari produk tersebut.

Sehingga jangan heran jika sebagian besar konsumen cenderung melirik produk berdasarkan desain produk atau tampilan luarnya. Untuk itulah, penting sekali membuat desain produk yang kuat dan menarik.

2. Faktor Pendukung Kesuksesan Produk

Dalam bisnis, manfaat desain produk sangatlah besar. Desain yang dibuat dengan penuh perhitungan dan rencana yang matang bisa menghasilkan produk terbaik.

Terutama dari segi inovasi yang diciptakan bisa mendukung peningkatan dan efisiensi kinerja, hingga mampu menekan biaya dan juga resiko. Hal inilah yang kemudian mampu mendukung kesuksesan sebuah produk di pasaran.

3. Mendorong Tingkat Penjualan

Agar bisa jangkauan pasar mengalami peningkatan yang signifikan, maka perlu menciptakan desain produk yang kreatif dan lebih inovatif. Hal ini karena, desain yang unik bisa meningkatkan minat dan ketertarikan konsumen terhadap produk tersebut.

Tak heran jika desain produk juga termasuk faktor penentu kesuksesan dalam pemasaran produk maupun jasa. Tentunya, hal ini juga akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan hingga pengembalian investasi dari sebuah bisnis.

Baca juga: 5 Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Jasa Desain dan Percetakan Online

4. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Tak hanya mendorong peningkatan penjualan, desain produk juga sangat berimbas pada kredibilitas perusahaan. Sebuah perusahaan dikatakan sukses ketika mampu menghasilkan sebuah produk terbaik. Hal ini tampak dari desain hasil produksi yang cermat, penggunaan bahannya optimal, biaya produksi ditekan dan meminimalisir pemborosan.

Tak hanya itu, hasil desain produksi tersebut juga mampu memiliki karakteristik tersendiri yang unik dan menarik. Sehingga membuat konsumen tanpa ragu untuk memilihnya.

5. Mendorong Perkembangan Bisnis

Manfaat desain produk selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah membantu mendorong perkembangan bisnis. Hal ini karena desain dari hasil produksi bisa memberikan pengaruh terhadap proses penjualan barang maupun layanan. Baik dengan desain yang baru atau pengembangan desain sebelumnya.

Perlu dipahami bahwa konsumen cenderung melakukan penilaian dari sebuah layanan maupun jasa secara visual. Ketika desain yang tampak pada produk memiliki nilai estetika yang tinggi tentu akan sangat berpengaruh. Hal inilah yang turut mempengaruhi perkembangan bisnis di masa depan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com