Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Bisnis Fashion Korean Style yang Bisa Hasilkan Cuan

Kompas.com - 03/03/2024, 20:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dampak dari K-Wave atau Korean Wave yang sudah melanda sejak bertahun-tahun yang lalu, merambah pada dunia fashion. Tren fashion yang muncul saat ini adalah baju-baju yang terinspirasi dari Korea Selatan. 

Pakaian yang digunakan oleh aktris atau aktor drama korea serta idol K-Pop, memunculkan keinginan untuk menggunakan pakaian yang sama. Terutama bagi beberapa orang yang mengikuti K-Pop sejak lama mulai dari remaja hingga dewasa.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan fashion korea sebagai ide untuk berbisnis di Indonesia. Apalagi jika kamu memiliki pemahaman terkait K-Pop dan fashion korea mana saja yang akan mendapatkan banyak peminat. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Bisnis Fashion

Berikut ide bisnis fashion korea yang dirangkum oleh Kompas.com dari berbagai sumber. 

1. Cardigan Korean Style 

Salah satu fashion korea yang sedang marak di kalangan orang Indonesia saat ini adalah cardigan ala korea. Cardigan hampir mirip dengan outer, tetapi memiliki kancing di bagian tengahnya sehingga dapat digunakan seperti kemeja. 

Cardigan memiliki beraneka macam warna. Namun, jika kamu ingin menyasar pada pasar penggemar K-Wave, coba kamu pilih warna-warna earth tone seperti beige dan latte. Atau kamu bisa coba menjual warna yang netral seperti broken white, hitam, atau abu-abu. 

Baca juga: 5 Tips agar UMKM Sukses Bisnis di Bidang Fashion Pakaian

2. V-Neck Oversize Knit Sweater

Selanjutnya, sweater oversize dengan bahan rajut diklaim sebagai fashion ala korea. Kamu dapat menjadikan pakaian ini sebagai komoditas jualanmu. Warna sweater yang kamu jual juga dapat menggunakan warna-warna yang lembut atau tidak mencolok.

Kemudian, kamu bisa juga menjual sweater ini dengan kemeja putih atau kemeja lain yang kontras dengan warna sweater. Banyak orang saat ini yang mengombinasikan sweater rajut dengan kemeja. 

3. Blazer

Dalam adegan drama korea, biasa dijumpai aktor atau aktris yang menggunakan blazer saat bepergian. Oleh karena itu, kamu dapat menjual blazer dengan berbagai warna

Baca juga: 3 Ide Bisnis Fashion dengan Modal Terbatas

Blazer ini dapar digunakan oleh calon pembeli ketika mereka menghadiri acara formal, pergi bekerja, dan sebagainya. Blazer juga cocok bagi pembeli untuk mix and match dengan pakaian lain.

4. Floral Dress 

Selain pakaian bergaya kasual dan formal, kamu bisa juga menjual dress atau gaun ala korea. Pakaian ini biasa disebut sebagai floral dress. Sesuai namanya, floral dress adalah gaun dengan motif bunga. 

Motif floral dress yang sedang menjadi tren adalah motif bunga-bunga yang lembut seperti warna merah muda atau biru. Floral dress ini memiliki warna dasar putih, baru dilengkapi dengan motif bunga yang tidak terlalu ramai. 

Warnanya yang tidak terlalu mencolok dan lembut membuat floral dress ini akan memberikan kesan feminin dan anggun bagi calon pembeli.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com