Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menggunakan X untuk Bisnis

Kompas.com - 14/05/2024, 12:05 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sama seperti media sosial lain, X (dahulu bernama Twitter), juga menjadi media sosial yang populer dan banyak digandrungi khususnya oleh anak-anak muda.

Beberapa fitur X dianggap lebih unggul dan nyaman untuk digunakan, dibandingkan media sosial lain.

Salah satunya fitur yang dianggap paling efektif adalah fitur hashtag (tanda pagar) dan fitur trending-nya. Dengan fitur tersebut, orang-orang akan lebih mudah mengetahui apa yang sedang trending dan berita yang paling up to date.

Baca juga: 6 Tips dan Trik Menggunakan Instagram untuk Bisnis

Hashtag, trending, dan beberapa fitur X yang lain merupakan fitur yang sangat diperlukan oleh sebuah bisnis dalam media sosial. Maka, memakai X untuk promosi bisnis Anda juga akan memberikan peluang dan hasil yang bagus.

Namun menggunakan X untuk bisnis tentu mempunyai aturan main sendiri, berbeda ketika menggunakannya untuk pribadi. Berikut ini beberapa tips menggunakan X untuk bisnis;

1. Selalu Menggunakan Hashtag

Seperti yang telah disebutkan, hashtag atau tanda pagar (tagar) dalam X sangat efektif. Hashtag dapat menaikkan visibilitas konten atau tweet yang Anda buat.

Dengan menggunakan hashtag, tweet atau konten Anda akan lebih mudah dikelompokkan (dengan kata atau frasa) ke dalam kelompok yang lebih kecil. Jadi, audiens akan lebih mudah menemukan apa yang mereka mau dari hashtag tersebut tanpa harus melihat jutaan atau bahkan miliaran tweet pada X.

Perlu diperhatikan, bahwa hashtag harus menggunakan kata kunci yang tepat. Anda juga bisa memasukan kata atau frasa dari yang sedang trending, karena kemungkinan untuk dilihat akan sangat besar.

2. Menggunakan Foto, Video, dan GIF

Tweet yang menggunakan foto, video, atau GIF akan muncul pada laman teratas, dibandingkan tweet yang penuh dengan kata-kata. Di fitur pencarian pun akan mudah ditemukan, karena ada segmen ‘media’,

Foto, video, atau GIF juga akan menambah kesan menarik pada suatu cuitan. Bagi orang yang malas membaca, suatu hal yang bergambar akan lebih mudah menarik perhatiannya.

Anda tidak harus selalu menggunakan foto atau video yang sesuai. Anda bisa menggunakan meme, GIF lucu, ataupun foto hewan seperti kucing atau anjing untuk mengundang audiens melihat tweet Anda.

Baca juga: Keuntungan Memanfaatkan Facebook untuk Usaha Anda, Termasuk Brand Awareness

3. Selalu Aktif Berinteraksi

X adalah media sosial untuk berinteraksi melebihi media sosial lain, yang lebih banyak mengandalkan konten video pendeknya. Oleh sebab itu, X media yang tepat untuk berinteraksi secara langsung.

Jika ada orang yang menyebutkan bisnis Anda, mengeluh, ataupun sekadar me-review. Anda wajib untuk membalas tweet mereka.

Bahkan jika suatu tweet tidak menyebutkan bisnis Anda, Anda bisa memulai obrolan pertama kali, jika ada sesuatu yang sedang ramai atau viral.

Banyak akun-akun bisnis di X yang melakukan hal seperti itu. Interaksi akan meningkatkan engagement bisnis Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com