Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Culinary Night Sukabumi Raup Omzet Lebih dari Setengah Miliar

Kompas.com - 27/05/2024, 17:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara

SUKABUMI, KOMPAS.com - Festival UMKM Culinary Night yang digelar selama tiga hari dari 24-26 Mei di Dago atau tepatnya Jalan Ir H Djuanda, Kota Sukabumi, Jawa Barat, meraup omzet mencapai lebih dari setengah miliar rupiah.

"Dari data resmi omzet dari kegiatan tersebut mencapai Rp594 juta. Tingginya nilai omset tersebut tidak terlepas dari antusias masyarakat yang datang," kata Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi, Senin seperti dilansir dari Antara.

Menurut Kusmana, yang paling mencengangkan dari kegiatan Festival UMKM Culinary Night adalah beberapa stan kuliner hanya dalam tiga hari bisa meraup omzet hingga puluhan juta rupiah. Mereka adalah pelaku UMKM Putri dengan menu roti kukus Thailand dan cumi bakar omzetnya mencapai Rp41,7 juta.

Kemudian, panganan Agung Jaelani (Nayami) dengan menu fishcake dan corndog Rp41,6 juta dan Nunu Kaylahannafood dengan potato spiral, baby crab serta tanghulu omzet yang diraih Rp25,5 juta.

Baca juga: Simak Perbedaan Omzet dan Profit, Pelaku Usaha Pemula Wajib Tahu

Tingginya omzet yang diraih oleh pelaku UMKM yang mendirikan stan di festival tersebut merupakan potensi yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat.

Ke depan pihaknya akan membuat kegiatan serupa dan masuk dalam agenda rutin yang tempatnya tidak hanya di satu lokasi melainkan di seluruh wilayah Kota Sukabumi agar para pelaku UMKM yang ada bisa ikut berpartisipasi.

"Kegiatan yang kami selenggarakan ini merupakan upaya Pemkot Sukabumi mengembangkan serta mempromosikan berbagai produk UMKM asli Kota Sukabumi," tambah Kusmana.

Kusmana mengatakan meskipun Kota Sukabumi minim objek wisata alam, tetapi dengan wisata kuliner seperti ini optimistis bisa mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah.

Namun demikian, Pemkot Sukabumi tetap berupaya menggali potensi wisata alam, salah satunya Sungai Cimandiri yang memiliki potensi wisata arung jeram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com