Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memulai Bisnis Hotel Kapsul

Kompas.com - 30/05/2024, 15:16 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Saat ini industri penginapan mulai menggeliat dan kembali diminati, salah satu yang cukup menarik adalah hotel kapsul. Ini bisa jadi opsi yang menarik untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan di industri penginapan.

Hotel kapsul sendiri merupakan nama lain capsule hotel alias hotel yang menyediakan kamar berukuran sangat kecil.

Inilah alasannya, hotel semacam ini disebut dengan hotel kapsul. Selain ukurannya yang sangat kecil, fasilitas yang ditawarkan hotel ini juga cukup minimalis sesuai namanya.

Tiap kamar di hotel kapsul biasanya tersedia kasur yang berkapasitas satu pengunjung saja, tapi juga ada yang bisa digunakan untuk dua pengunjung.

Secara umum, setiap kamar hotel kapsul memiliki lebar sekitar 1,2 m, dengan tinggi 1 m dan panjang 2 m. Bisa dibayangkan bahwa setiap kamar di hotel kapsul memang didesain secara khusus hanya untuk tidur saja.

Jangan salah, meski kamar yang disewakan terbilang sangat kecil tapi hotel kapsul juga sudah didukung beberapa fasilitas umum lainnya.

Misalnya saja seperti meja, televisi, kamar mandi, dan yang lainnya tersedia secara terpisah di ruangan komunal. Fasilitas-fasilitas tersebut digunakan bersama atau sharing dengan para tamu yang lainnya.

Adapun cara untuk memulai bisnis capsule hotel sebetulnya tidaklah sulit, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu dilansir dari Cermati.com:

1. Lakukan Riset Market Secara Menyeluruh

Untuk memulai sebuah usaha, riset market menjadi hal pertama yang sangat dibutuhkan terutama untuk bisnis hotel kapsul. Dengan melakukan riset pasar, ini akan membuat Anda bisa mendapatkan informasi secara detail terkait kondisi market saat ini.

Terutama untuk market yang sedang ditargetkan dalam bisnis hotel kapsul tersebut. Sehingga, Anda bisa mengetahui dan memahami kondisi market yang akan disediakan kebutuhannya secara menyeluruh.

2. Siapkan Konsep yang Rapi dan Matang

Langkah selanjutnya untuk memulai usaha hotel kapsul yakni dengan membuat konsep bisnis. Pastikan konsep usaha yang dibuat disusun dengan pertimbangan yang matang dan benar-benar rapi.

Konsep yang dibuat bisa disesuaikan dengan tren yang sedang diminati dan juga apa yang dibutuhkan pasar saat ini. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan rencana bisnis untuk jangka pendek dan juga panjang.

3. Siapkan Modal

Selanjutnya, langkah yang perlu dilakukan adalah menyiapkan dana yang cukup untuk modal membuka bisnis ini. Modal yang disiapkan pun bisa disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan.

Supaya lebih jelas dan terperinci, Anda bisa membuat daftar kebutuhan apa saja yang perlu disiapkan lebih dulu. Selanjutnya, dari daftar kebutuhan tersebut baru bisa diperkirakan berapa kira-kira besaran biaya atau modal yang harus disiapkan.

4. Pemilihan Lokasi Bisnis yang Sesuai

Selanjutnya langkah yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis hotel kapsul adalah menentukan lokasi yang sesuai dan strategis. Lokasi menjadi faktor yang bisa sangat mempengaruhi performa bisnis, apalagi berkaitan dengan usaha penginapan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com