Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Promosi Bisnis Melalui Podcast, Tertarik?

Kompas.com - 11/06/2024, 08:17 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini ada banyak sekali cara pemasaran digital yang bisa dicoba. Bahkan, podcast juga bisa menjadi sara promosi bisnis kamu. 

Podcast adalah program siaran berformat digital yang bisa didengar dan diunduh melalui sebuah platform. Bisanya podcast berisi obrolan dua orang atau lebih yang membicarakan satu topik tertentu.

Saat ini podcast banyak diminati oleh orang-orang karena bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja. Beberapa platform yang menyediakan podcast seperti Spotify, iTunes, hingga YouTube.

Tahukah kamu, podcast juga bisa dijadikan sebagai sara promosi bisnis. Bahkan ada pula podcast bisnis yang memang segmentasinya khusus untuk membahas bisnis.

Promosi bisnis melalui podcast ternyata memiliki peluang yang cukup besar, simak penjelasannya berikut ini seperti yang dilansir dari rockcontent.com,

Sedang Hits Di Kalangan Masyarakat

Alasan pertama mengapa peluang promosi bisnis melalui podcast cukup tinggi karena belakangan ini podcast sedang banyak diminati masyarakat. Kamu pasti sudah tidak asing melihat banyak beemunculan podcasters yang membuat konten podcast.

Baca juga: 4 Cara Update Tren dalam Pemasaran Digital, Pelaku Usaha Harus Tahu

Tidak jarang pula saat ini banyak orang yang sudah terbiasa mendengarkan podcast sebagai gaya hidup. Biasanya mereka mendengar podcast untuk mengisi waktu atau bahkan untuk menemani kegkatan mereka sehari-hari.

Melihat minat masyarakat yang tinggi terhadap podcast ini, tentu saja beberapa bisnis menggunakan podcast sebagai media promosi.

Selain itu, podcast juga berpeluang untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap suatu brand. Mengapa demikian? Bentuk podcast yang berupa obrolan membuat pendengarnya cenderung mendengarkan isi pembicaraan hingga selesai, dengan begitu kamu bisa menyelipkan promosi di dalamnya.

Pemasaran Digital yang Unik

Promosi di podcast termasuk kedalam pemasaran digital. Jika kebanyakan promosi digital melalui konten reels Instagram maupun TikTok, promosi melalui Podcast sebenarnya lebih menarik.

Karena dalam podcast memiliki alur dan storytelling sejak awal. Kemungkinan para pendengar lebih penasaran dan ingin mengetahui isi podcast secara keseluruhan. Sehingga jika terdapat promosi di dalamnya tidak akan terlalu membosankan karena terkesan softselling.

Bahkan beberapa pendengar mungkin saja tidak sadar kalau apa yang dibicarakan podcasters adalah sebuah promosi jika pembawaannya santai seperti mengobrol biasa dengan lawan bicara.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Content Plan Bisnis di Era Pemasaran Digital

Bisa Berupa Audio Maupun Audiovisual

Saat ini podcast tidak hanya berupa audio saja,tetapi sudah banyak podcast audiovisual berupa video. Baik podcast audio maupun audiovisual tetap bisa dijadikan media promosi bisnis.

Untuk tipe audio saja, promosi bisa dilakukan dengan bentuk percakapan atau omongan langsung dari podcasters. Biasanya isi promosi bisa dijelaskan dintengah-tengah obrolan.

Bahkan, bisa juga membuat satu episode podcast khusus untuk membahas bisnis kamu sendiri, misalnya menjelaskan perjalanan bisnis. Ini juga salah satu bentuk promosi bisnis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com