Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Update Tren dalam Pemasaran Digital, Pelaku Usaha Harus Tahu

Kompas.com - 06/06/2024, 13:31 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini pemasaran digital menjadi strategi yang efektif untuk memasarkan produk. Setiap orang kini tidak bisa lepas dari digitalisasi, terutama media sosial.

Namun, pemasaran digital sangat bergantung dengan tren terkini dan minat pasar. Sebab media sosial pun memiliki algoritma tersendiri, konten yang sering muncul di beranda pengguna biasanya konten-konten yang memang sedang trending.

Oleh sebab itu, untuk melakukan pemasaran digital perlu didukung dengan tren terkini, agar lebih maksimal menarik perhatian konsumen. Itulah mengapa, pentiing bagi pelaku usaha untuk mengikuti tren pemasaran digital, jangan sampai ketinggalan zaman.

Setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan untuk terus update tren terkini dalam pemasaran digital. Simak penjelasannya.

Baca juga: 4 Alasan Pentingnya Content Plan Bisnis di Era Pemasaran Digital

1. Rutin Melihat Trending Topik di Media Sosial

Hal termudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui tren terkini di dunia digital adalah memantau media sosial.

Seperti yang sudah disebutkan, konten yang paling sering for your page (fyp) adalah konten yang sedang trending, artinya konten seperti itu sedang banyak dicari, dilihat, dan disukai para pengguna.

Kamu bisa amati tren seperti apa yang banyak mengundang perhatian. Dengan begitu kamu bisa membuat konten pemasaran yang dikaitkan dengan tren-tren tersebut.

Misalnya sedang tren pemasaran digital menggunakan suatu lagu atau filter di media sosial, maka kamu bisa membuat konten yang serupa untuk memasarkan produk kamu.

Bahkan, di platform TikTok sudah tersedia keywords yang sedang trending topik di bar pencarian.

Biasanya akan tertulis apa saja kata kunci yang sedang naik belakangan ini, mulai dari lagu, influencer, hingga isu-isu terkini.

Dengan begitu kamu bisa terus update dan mengetahui perkembangan terbaru di dunia digital.

2. Mendengarkan Podcast Industri

Di era digital seperti saat ini podcast sudah sangat menjamur. Banyak podcasters yang membuat berbagai episode podcast dengan pembahasan dan topik menarik.

Biasanya mereka memilih topik bahasan viral yang sedang banyak dicari tahu, agar banyak pendengarnya.

Baca juga: Pentingnya Copywriting Untuk Pemasaran Digital, Sudah Tahu?

Podcast industri pun sudah banyak saat ini, yaitu podcast yang khusus membahas perkembangan industri, bisnis, podcast dengan pengusaha, dan masih banyak lagi.

Ini tentu saja memudahkan kamu, untuk update tren terkini seputar bisnis di dunia digital dan bisa membantu kamu dalam membuat pemasaran digital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com