Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Arang Briket, Rena Manfaatkan Platform Digital untuk Edukasi Konsumen

Kompas.com - 30/05/2024, 11:49 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengedukasi calon konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha. Bagaimanapun, pembeli perlu mengetahui semua informasi penting yang berkaitan dengan produk yang akan dibelinya.

Hal ini pula yang dilakukan Rena Arifah, pendiri Rumah Briket Medan, produsen briket arang untuk bakaran yang terbuat dari sampah organik dan tepung kanji.

Menurut Rena, banyak konsumen awam yang menganggap bahwa briket arang tidak baik bagi kesehatan. Untuk meyakinkan pembeli bahwa produknya aman, dia harus mengedukasikan berbagai informasi penting di dalamnya.

Bagaimana cara yang efektif dan efisien untuk menjagkau audiens yang luas? Di zaman serba digital ini, menggunakan platform-platform digital merupakan pilihan yang tepat, karena simple, praktis, dan juga murah.

Berikut empat platform digital yang digunakan Rena untuk memberikan informasi terpadu mengenai bisnisnya sekaligus menjadi ladang promosi:

1. Media Sosial

Platform digital seperti media sosial sangat cocok untuk edukasi dan promosi produk bisnis. Rena menggunakan media sosial Facebook, Instagram, dan juga Youtube.

Dengan jangkauan audiens luas, interaksi langsung, konten audio visual menarik, dan alat targeting spesifik, media sosial memberikan banyak manfaat bagi bisnis.

2. Website

Website resmi dan blog merupakan sumber informasi utama bagi pelanggan yang mencari detail tentang produk. Website yang Rena gunakan mencakup semua hal mulai dari tentang Rumah Briket Medan, siapa saja yang pernah kunjungan, dan bahan pembuatan briket.

Informasi penting itu akan terlalu panjang jika dipublikasi di media sosial, maka website adalah alternatif yang tepat. Website akan lebih cocok untuk menghimpun informasi yang sifatnya lebih resmi atau formal.

3. E-commerce

Platform digital untuk penjualan atau marketing merupakan e-commerce. Di Indonesia e-commerce yang populer adalah Tokopedia dan Shopee. Itulah juga yang Rena pakai untuk bisnisnya.

E-commerce memainkan peran penting dalam pemasaran dengan menawarkan jangkauan global, ketersediaan 24/7, dan biaya operasional yang lebih rendah.

Baca juga: Strategi Pemasaran ini Cocok untuk Pemula Bisnis

4. Linktree

Yang terakhir, Rena memasukan semua informasi itu kepada link terpadu, yaitu Linktree. Linktree adalah platform pembuat halaman website yang mudah dipersonalisasi dan didesain, sekaligus menampung semua tautan penting yang ingin Anda bagikan.

Bagi bisnis seperti Rena, linktree akan sangat membantu orang untuk mengenal bisnisnya. Dengan meng-klik satu link, linktree nantinya akan mengantarkan Anda untuk menuju website, profil, atau akun lainnya.

Jadi audiens akan dimudahkan dengan linktree. Mereka tidak harus berganti-ganti halaman browser. Linktree akan menghimpun semua link dalam satu platform.

Rena pun memaki linktree dan menaruhnya di bio Instagram. Jadi siapapun yang ingin membeli atau sekedar bertanya melalui chat akan dimudahkan dengan Linktree.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com