Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Rencana Pemasaran Bisnis

Kompas.com - 29/05/2024, 10:00 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam bisnis, hal terpenting adalah pemasaran. Jika kamu melihat bisnis-bisnis besar di luar sana, mereka memiliki strategi pemasaran atau promosi yang efektif.

Pemasaran bersinggungan langsung dengan penjualan dan penjualan akan menentukan seberapa besar omzet yang masuk. Bisnis yang sukses memiliki penjualan yang tinggi dan pemasaran yang baik.

Baca juga: Manfaat Menyusun Rencana Bisnis dengan Metode SMART Goals

Untuk memiliki strategi pemasaran yang bagus, ada baiknya kamu membuat rencana pemasaran bisnisnya terlebih dahulu. Rencana pemasaran akan mempertahankan keterlibatan dan loyalitas pelanggan serta meraih pangsa pasar dari target pasarmu.

Di dalam rencana pemasaran, ada penguraian strategi yang berguna untuk mencapai tujuan bisnismu. Dilansir dari Business News Daily, berikut lima tips yang dapat kamu perhatikan untuk membuat rencana pemasaran bisnis yang baik.

1. Tentukan Tujuan Pemasaran

Sebelum meluncurkan kampanye (champaign) pemasaran, kamu perlu menentukan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan pemasaran bersifat spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu.

Misalnya, kamu memiliki tujuan meningkatkan penjualan produk tertentu sebesar 30 persen dalam enam bulan ke depan atau meningkatkan media sosial (engagement) sebesar 50 persen dalam tiga bulan.

Maka, dalam rencana pemasaran bisnismu, kamu harus membuat rencana-rencana yang sekiranya dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut.

2. Kenali dan Identifikasi Target Pasar

Sebelum menulis rencana pemasaran, penting untuk memahami dan menentukan ceruk pasar. Kamu bisa mengidentifikasi karakteristik demografis, psikografis, kebutuhan, dan preferensi mereka, melalui wawancara, survei, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Cara Efektif Pemasaran Online Menurut Owner Yummy Food

Misalnya, jika bisnis kamu menjual makanan siap saji 30 menit (instan), maka mereka yang bekerja dari pukul 09.00 hingga 17.00 merupakan target pasarmu.

Pelajari kelompok tersebut untuk memahami kesulitan atau kebutuhan mereka dan pelajari bagaimana bisnis Anda dapat memberikan solusi atas permasalahan mereka.

3. Analisis Kompetitor

Mengetahui apa yang dilakukan kompetitormu adalah langkah penting dalam pengembangan rencana pemasaran. Lakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka serta peluang dan ancaman di pasar.

Informasi ini akan membantu Anda mengidentifikasi celah di pasar yang dapat kamu manfaatkan. Kamu dapat membuat bisnis berbeda dengan persaingan ketat di pasar.

4. Pilih Media Pemasaran yang Tepat

Tidak semua saluran pemasaran akan efektif untuk setiap bisnis. Pilihlah saluran yang paling sesuai dengan target audiensmu.

Saluran ini bisa berupa media sosial, email marketing, iklan digital, konten blog, atau kolaborasi dengan pemengarus. Prioritaskan saluran yang memberikan Return on Investment (ROI) terbaik.

Pastikan strategi atau media pemasaran yang kamupilih sudah mencakup 4P (Product, Price, Place, Promotion).

5. Menganggarkan Rencana Pemasaran

Saat menerapkan strategi pemasaran, kamu juga perlu mempertimbangkan anggaran yang akan dialokasikan. Pemasaran membutuhkan uang untuk berbagai alasan, termasuk promosi berbayar, perangkat lunak pemasaran, acara, dan biaya outsourcing.

Baca juga: Laku Ratusan Toples Per Bulannya, Ini Strategi Pemasaran Maipeh Food

Pertimbangkan anggaranmu saat membuat rencana, sehingga ada uang yang tersedia untuk digunakan pada taktik pemasaran untuk mencapai tujuan. Setiap tujuan yang kamu buat harus dapat dicapai secara realistis dalam anggaran yang telah ditetapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com