Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laku Ratusan Toples Per Bulannya, Ini Strategi Pemasaran Maipeh Food

Kompas.com - 06/04/2024, 13:03 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci kesuksesan bagi pelaku usaha.

Strategi pemasaran kreatif ini yang juga dijalankan oleh Hotifah yang berbisnis kentang mustofa dengan jenama Maipeh Food.

Strategi pemasaran yang kreatif dan tepat membuat dia berhasil menjual produk hingga 200-300 kaleng kentang mustofa per bulan. 

Baca juga: Bukan Lewat Media Sosial, Ini Strategi Pemasaran Chics Cookies yang Laku Ribuan Toples

Lantas, bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Hotifah untuk Maipeh Food?

1. Media Sosial

Hotifah memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan produknya. Ia aktif di platform Instagram dengan akun @maipehfood dan Tiktok. Dua platform media sosial tersebut efektif untuk memasarkan produk UMKM.

Hotifah bahkan menyewa spesialis media sosial agar feeds dan konten Maipeh Food menjadi menarik dan bagus. Hal ini ia lakukan agar ia bisa fokus kepada produksi dan pemasaran langsung. Jadi untuk online, ia menggunakan jasa.

Maipeh Food menggunakan gambar-gambar yang menarik dan konten yang relevan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kontennya tidak selalu pada penjualan kentang mustofa, tetapi juga konten-konten umum seperti perayaan hari-hari Agama (Natal, Imlek, dll).

2. E-Commerce

Sama seperti media sosial, Maipeh Food juga memanfaatkan e-commerce untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi. Dewasa ini, orang-orang cenderung menyukai belanja online lewat e-commerce karena ada fitur gratis ongkirnya.

Baca juga: 5 Strategi Nevia Memasarkan Bening Jaya dan Mencapai Omzet Miliaran Rupiah

Jadi mereka tidak perlu capek keluar rumah dan membayar ongkos perjalanan untuk sampai ke mall. Maka dari itu Hotifah memanfaatkan Shopee agar menambah angka penjualan.

3. Reseller

Menurut Hotifah, reseller adalah hal yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Hotifah telah memiliki reseller yang tersebar di berbagai daerah di Jakarta.

Keberadaan reseller akan membantu Hotifah untuk menyebarluaskan produk Maipeh Food tanpa dirinya harus pergi ke tempat-tempat itu.

4. Pameran

Pameran juga merupakan hal yang Hotifah lakukan untuk memasarkan produknya. Dengan menjadi binaan BUMN yaitu BRI dan Pegadaian, Hotifah mengaku dirinya selalu diajak untuk mengiktui pameran di berbagai daerah.

Jadi Hotifah dapat keluar dari zona nyamannya yaitu hanya berjualan di daerah Jakarta saja. Hal ini akan membuat Hotifah bertemu buyer-buyer yang lebih luas lagi, sehingga membuat peluang mereka akan membelinya akan lebih besar lagi.

5. Vending Machine

Hotifah juga menaruh produknya pada vending machine di area stasiun dan bandara. Hal ini ia bisa lakukan karena bantuan dari BRI dan Pegadaian.

Baca juga: Vending Machine yang Jual Produk-produk UMKM Hadir di Bandara Soetta

Menaruh produk di vending machine merupakan strategi yang sangat tepat, dikarenakan saat orang sedang menunggu kereta atau pesawatnya akan berkeliling di bandara ataupun stasiun. Mereka mungkin juga akan melihat vending machine di sana.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com