Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Wirausahawan Pemula, Coba Pahami Strategi Ini

Kompas.com - 30/06/2024, 17:52 WIB
Nugraha Perdana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Menjadi seorang pengusaha harus siap melewati banyak tantangan. Termasuk, membuat perencanaan bisnis, menyiapkan motivasi, hingga tools yang akan digunakan.

"Menjadi pengusaha, motivasinya harus kuat dulu. Jadi pengusaha itu tidak mudah. Entrepreneur itu bukan kaitan kita lagi bikin apa atau produk kita apa, tapi orangnya, mau tumbuh berkembang apa tidak," kata Founder Beon Intermedia Group, Danton Prabawanto pada Minggu, (30/6/2024) ditemui di Kota Malang, Jawa Timur.

Menurut Danton, setiap pengusaha harus banyak belajar hal-hal baru. Saat menjadi pengusaha, jangan pernah menjadikan pendapatan sebagai landasan membangun bisnis. Melainkan, untuk meningkatkan kapasitas diri.

"Dalam hal ini yang paling penting adalah proses pembelajaran sehingga bisa dapat experience. Sehingga, bisnis apapun yang dijalankan bisa lebih mudah sustain," ujarnya.

Pahami SWOT

Kemudian, pembelajaran lain yang dilakukan adalah mempelajari berbagai teori. Saat membangun usaha pertama, Danton mulai mempelajari teori SWOT analysis dan blue ocean strategy.

"Dalam teori blue ocean strategy, ada perspektif baru dalam bikin bisnis, yaitu buat satu dunia tidak ada saingannya. Ketika kita menyelam di blue ocean, masih banyak ikan yang bisa dipancing. Sehingga membuat kompetitor tidak relevan," jelasnya.

Di tempat ia bekerja, saat membangun Jagoan Hosting, sudah ada beberapa jasa hosting yang melakukan penawaran teknis. Namun, saat muncul pada tahun 2007, Danton menyasar market pebisnis dan melakukan strategi marketing tanpa unsur teknis. Sehingga, bisa sustain atau berkelanjutan seperti sekarang.

Danton juga menyarankan untuk membuat Business Model Canvas (BMC). Jika betul-betul dipelajari, maka akan lebih powerful dalam menjalankan bisnis.

"Mengisi BMC bisa darimana saja. Bisa dari channel dulu, activities dulu, value dulu, key partner dulu, atau resources dulu. Tidak penting benar atau salah isi BMC, yang penting tahu apa tujuannya. Jangan asal isi," paparnya.

Menyiapkan "Atraksi"

Selain itu, dalam membangun bisnis, juga harus pandai membuat atraksi yang mampu menarik target marketnya. Ia juga berpesan kepada anak muda, utamanya gen-z yang ingin membangun usaha agar tak mudah menyerah, memperkuat motivasi diri dan tak malas untuk belajar.

"Ilmu basic tidak akan tergantikan dengan yang baru, malah akan menjadi relevan dan lebih lengkap dengan ilmu baru," katanya.

Berbagai tips menjadi pengusaha pemula tersebut juga telah disampaikan Danton saat mengisi kegiatan Kick off Summer Bootcamp TDC di Institut Teknologi Surabaya (ITS) pada Sabtu (29/6/2024).

Selain mengisi kegiatan Kick Off, Beon Intermedia juga akan memberikan mentoring dalam Summer Bootcamp tersebut.

Ada tiga materi yang diberikan. Diantaranya, Mastering The Basic of Digital Marketing, Unlocking The Secrets of SEO dan Crafting Compelling Content and Effective Ads.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com